Serangan pesawat tak berawak teroris AS targetkan pejuang Lashkar-e-Islam di Afghanistan Timur

15

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Teroris AS membunuh sejumlah pejuang Lashkar-e-Islam, sebuah kelompok Taliban yang beroperasi di Afghanistan dan Pakistan, dalam tiga serangan udara di provinsi Afghanistan Timur Nangarhar pada Rabu (14/5/2014).

Serangan udara, yang dilaporkan telah diluncurkan dengan senjata predator yang dikemudikan jarak jauh atau Reapers, menghantam tiga lokasi terpisah di distrik Nazyan Nangarhar, lapor Express Tribune.

Serangan itu menargetkan Mujahidin Lashkar-e-Islam Pakistan. Salah satu serangan disinyalir telah menargetkan jirga, atau pertemuan, antara Taliban Afghanistan dan Taliban Pakistan.

Lebih dari 10 pejuang gugur dan 14 lainnya terluka, agen politik untuk Khyber mengatakan kepada RFE/RL. Agen politik Khyber juga mengatakan bahwa distrik di mana serangan-serangan itu terjadi “telah menjadi tempat perlindungan bagi para pejuang Taliban Pakistan dan kelompok Lashkar-e-Islam.”

Ada beberapa kebingungan tentang apakah serangan terjadi di Afghanistan atau Pakistan. Serangan pesawat tak berawak teroris AS belum pernah diluncurkan pada sasaran di Pakistan sejak 26 Desember 2013.

Distrik Nazyan hanya beberapa mil dari perbatasan wilayah kesukuan Khyber Pakistan, yang menyebabkan beberapa outlet berita melaporkan bahwa serangan terjadi di dalam wilayah Pakistan.

Sebuah perbedaan yang sama atas lokasi serangan pesawat tak berawak juga muncul akhir tahun lalu. Sebuah serangan udara pada 13 Desember 2013 menargetkan perahu yang diklaim mengangkut pejuang Al-Qaeda dan Taliban di Sungai Kabul. Serangan teknis terjadi di distrik Lal Pur Nangarhar, dan bukan di Pakistan. Dua pejuang Al-Qaeda, tiga anggota Gerakan Taliban di Pakistan, dan dua anggota Taliban Afghanistan dilaporkan gugur dalam serangan itu.

Lashkar-e-Islam, yang berafiliasi dengan Taliban, telah membentuk pemerintahan Taliban sendiri seperti di wilayah luas kesukuan Khyber, termasuk Bara, Jamrud, dan Tirah Loire. Kelompok ini merekrut pejuang untuk memerangi pasukan teroris AS dan boneka Afghanistan di perbatasan, dan menyerang jalur pasokan penting NATO yang bergerak melewati Khyber. Militer Pakistan telah menargetkan Lashkar-e-Islam dalam beberapa operasi sejak tahun 2008, namun telah gagal untuk mengusir kelompok jihad ini.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.