Kuliah gratis di program pengkaderan dai dan imam masjid

Kampus Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu, dusun Windusajan, Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab. Magelang Jawa Tengah.
68

MAGELANG (Arrahmah.com) – Melihat realita dakwah ditengah masyarakat, yakni minimnya Dai yang terjun langsung di masyarakat dan melakukan pemberdayaan sekaligus perbaikan umat Islam di Indonesia, Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu (PM3) bekerjasama dengan Relawan Masjid Indonesia membuka Program Kuliah dan Nyantri Gratis dengan focus Pengkaderan Dai dan Imam Masjid. Program yang mempunyai visi ‘Membentuk dai yang siap berkiprah di Masyarakat, mampu berwirausaha dan berjiwa relawan’ dengan masa pendidikan 3 tahun ini akan dipusatkan di Kampus Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu, dusun Windusajan, Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab. Magelang Jawa Tengah.

Misi yang diikhtiarkan adalah mempersiapkan calon-calon Dai yang memiliki kemampuan sebagai mubaligh, imam dan khatib untuk menjadi ruh dakwah dalam pembinaan masyarakat Islam. Mempersiapkan bekal kemandirian da’i untuk berwirausaha, membina dan mengembangkan potensi masjid dan masyarakat

Materi pendidikan yang akan didapatkan Mahasantri nantinya adalah Hafalan Al-Qur’an, Aqidah, Bahasa Arab, Fiqih, Hadist, Tafsir, Usul Fiqh, Mustholah hadist, Ulumul Qur’an, Fiqih Dakwah, Tazkiah,Tajwid, Siroh, Manajemen Masjid, Retorika Dakwah, Dunia Islam.

Adapun target dari diselenggarakannya program ini adalah Hafalan Al-Qur’an, Beraqidah Islam Ahlussunnah wal jama’ah, Benar ibadahnya dan terpuji akhlaknya. Totalitas dalam Dakwah & siap terjun di masyarakat. Mempunyai kemandirian berwirausaha Mampu mengelola Masjid dan TPA. Berjiwa relawan yang siap menolong orang lain

Selain materi pokok, juga ada kegiatan penunjang para mahasantri yakni, kegiatan Relawan Masjid Indonesia, Thibbun Nabawi, Magang Wirausaha, Kepenulisan, Training Motivasi, Beladiri, Pecinta Alam, Da’i Mukim, Kristologi, Public Speaking.

Untuk para pengajarnya terdiri dari lulusan Timur Tengah dan Praktisi dakwah, yakni diantaranya : Ust. Muhammad Abu Dzar, Lc. Ust. Musthafa, Ust. Salim A. Fillah, Ust. Mohammad Fauzil Adhim, Ust. Syarif Baraja, Ust. Ahsin Qolbaka, Ust. Sarjono, SAg. Ust. Pujihartono, Ust. Suwahja Tumijanto, Kak Bimo, Abah Fanni

Bagi yang akan mendaftar ada beberapa persyaratan, diantaranya : Laki-laki , Minimal Lulus SMA/MA/SMK/sederajat, maksimal usia 25 th, Mengisi Formulir, Foto 3×4, 3 buah, Foto copy KTP dan akte lahir, Ijazah SMA/MA/sederajat asli dan Foto Copy , Surat Keterangan Sehat. Untuk pendaftaran gratis dan ikut seleksi. Untuk waktu pendaftaran : 1 Mei – 10 Juli 2014. Dan pelaksanaan tes Sabtu,12 Juli 2014, dengan materi tes baca tulis Al-Qur’an, ke-Islaman, Matematika, Wawancara.

Untuk tempat pendaftaran di Komplek Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu, Dsn.Windusajan, Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab. Magelang Jawa Tengah (Jl. Lintas Magelang – Boyolali, dari pertigaan Blabak Jl. Magelang ke timur 20 km) Cp. Ust. Muhammad Abu Dzar, Lc. (082220665258), Ust. Ahsin (085643551832), Ust. Musthafa (081291325252), email :[email protected] atau di Omah Dakwah Pro-U Media, Jl. Jogokariyan 41 Yogyakarta, Cp. 085 228 44 6666.

Kemudian nantinya, setelah mengikuti program ini selama 3 tahun, untuk lulusan yang memenuhi kualifikasi, akan memperoleh beasiswa belajar lanjut di Timur Tengah.

Untuk itu kepada kaum Muslim baik dirinya, keluarganya, maupun siapa saja yang berminat menjadi pejuang agama Allah SWT, bisa mendaftarkan Program Kaderisasi Dai dan Imam Masjid ini, Program kuliah 3 tahun yang tanpa dikenakan biaya alias Gratis (Asrama, Makan, akomodasi, biaya pendidikannya). Kemudian bagi kaum Muslim yang tergerak untuk membantu terselenggaranya program ini, baik mau menyalurkan Infaq, Zakat, Shadaqah, Wakaf bisa langsung datang ke pesantren di Magelang atau Omah Dakwah Pro-U Media di Jogja, seandainya akan transfer ke rekening Bank MUAMALAT 0000695273 atau Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta 1540017521 an. pesantren masyarakat merapi merbabu.

“Barang siapa menolong agama Allah, maka Allah akan menolongnya dan meneguhkan kedudukannya” (Q.S. Muhammad :7)

M. Fanni Rahman

Pengasuh Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu

(azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.