MTN salurkan kambing etawa kepada peternak korban letusan Kelud

Penyaluran kambing etawa untuk korban letusan Gunung Kelud
2

KEDIRI (Arrahmah.com) – MTN (Masyarakat Ternak Nusantara) salurkan 11 kambing Etawa dan 150 bungkus susu bubuk kambing Etawa kepada peternak yang menjadi korban letusan Kelud beberapa waktu lalu. Penyaluran dilakukan di Dusun Petung yang terletak 5 – 6 km dari puncak Kelud. Saat erupsi Kelud, dusun ini termasuk dusun terparah yang terkena dampak erupsi tersebut.

“Dusun ini diharapkan dapat membawa perubahan dalam sisi ekonomi maupun semangat memperbaiki lainnya, sehingga membawa dampak positif bagi lingkungan sekitarnya,” ujar Mirna, relawan sekaligus penanggung jawab penyaluran di Kelud, Rabu, (7/5/2014).

MTN menargetkan dua tahun mendatang daerah sekitar Kelud terutama Dusun Petung dapat menjadi pusat penghasil susu bubuk berbasis pendampingan peternak lokal. Peternak yang mendapatkan kambing Etawa akan diberi pendampingan agar kambing perah tersebut dapat menghasilkan susu berkualitas baik. “Kami pun memberikan sosialisasi bahwa dengan mengubah susu murni menjadi susu bubuk maka nilai ekonomis susu tersebut meningkat,” terang Mirna.

Kelud diupayakan menjadi pusat penghasil susu kambing sebab kontur pegunungan cocok untuk beternak kambing. Selain itu, Kediri telah memiliki beberapa pusat peternakan kambing penghasil susu.

Hingga tahun 2014, MTN yang berfokus pada pemberdayaan peternak lokal Indonesia, telah memberdayakan 300 peternak, menyalurkan 3.000 hewan ternak di Bandung, Subang, Garut dan Tasikmalaya. Para peternak tidak hanya diberi hewan ternak, tapi juga pendampingan. (azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.