WhatsApp vs Telegram: Manakah yang akan menang?

148

WhatsApp telah berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Baru-baru ini pengguna aktif WhatsApp melampaui 400 juta, melebihi pengguna Twitter. Dan ketika sekarang bermunculan applikasi instant messenger lain seperti Line, WeChat, Hike, Viber dll, tapi masih belum benar-benar menjadi alternatif terbaik untuk WhatsApp. Sekarang, sebuah aplikasi baru yang dijuluki Telegram telah muncul sebagai pendatang baru yang berharap bisa mengalahkan WhatsApp, dan telah berhasil merebut pasar, berkat beberapa fitur menarik yang ditawarkan.

Telegram juga berhasil meraih satu juta pengguna dalam satu hari. Sebuah prestasi mengagumkan sebagai pemain baru. Telegram sungguh berani menantang WA dengan memberikan layanan yang perlu diperhitungkan.

Keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp

1. Telegram Lebih Cepat daripada WhatsApp

Tidak seperti WhatsApp, Telegram berbasis cloud (layanan komputasi awan) dan sangat terenkripsi. Hasilnya, Telegram menjadi lebih cepat daripada WhatsApp.

2. Telegram Lebih Aman daripada WhatsApp
Telegram mengklaim bahwa setiap pesan yang Anda sampaikan sangat terenkripsi sehingga sangat aman dari hacker. Telegram memberi proteksi lebih dengan menanamkan sistem enkripsi file, yang akan membuat pesan hanya bisa dibaca oleh akun yang di tuju. Ketika data kita disadap itu tidak akan bisa dibuka karena file telah berubah format dan hanya bisa dibuka oleh perangkat yang dituju saja, yang pastinya lebih aman.

3. Telegram Mudah Diakses dari Berbagai Perangkat
WhatsApp sebenarnya juga bisa diakses dari laptop. Namun, lagi-lagi karena faktor basis cloud, Telegram membuat Anda bisa mengakses pesan dari berbagai perangkat (termasuk PC) dan Anda bisa berbagi foto, video dan dokumen tanpa batas.

4. Telegram Bisa Berbagai File Hingga Ukuran GigaByte
Seperti dilansir Telegram dalam deskripsi di Google Play Store, aplikasi ini memungkinkan penggunanya berbagi file dan video hingga ukuran gigabyte.

5. Telegram Bebas Iklan
Meskipun WhatsApp dulunya juga bebas iklan, akuisisi mahal yang dilakukan Facebook atas aplikasi ini menimbulkan kekhawatiran bahwa WhatsApp akan dijejali iklan sebagaimana Facebook baik versi desktop maupun mobile. Sedangkan Telegram, developernya menjamin “100% free and no ads.”

6. Jumlah Anggota Grup Telegram Lebih Besar daripada WhatsApp
Mungkin Anda pernah merasakan betapa terbatasnya Grup WhatsApp yang membatasi anggotanya hanya 50 orang. Padahal, teman kantor atau teman alumni sekolah Anda lebih dari seratus orang. Sementara anggota grup WhatsApp terbatas 50 orang, anggota grup Telegram maksimal 200 orang. Empat kali lipan daripada WhatsApp. Ini salah satu alasan utama mengapa orang pindah ke Telegram.

Satu lagi yang membuat Telegram menjadi menarik adalah adanya aplikasi untuk Dekstop. Selain tersedia untuk gadget android, iphone, Telegram juga menyediakan versi dekstop atau PC. Hal ini tentu saja adalah kelebihan yang tidak kita jumpai pada WA. Kita tidak hanya menggunakan smartphone tapi kita juga sering menggunakan PC atau laptop. Dan Telegram memberikan solusinya.

Melihat kelebihan dari Telegram yang tidak dijumpai pada WA, nampaknya para pengembang di Telegram mencoba dengan serius untuk menyaingi WhatsApp, dimana selama ini WhatsApp masih sangat sulit untuk dikalahkan.

Akan tetapi ada beberapa kelemahan dari Telegram dibandingkan dengan WhatsApp.

1. Sulit untuk meng-upload foto di beberapa ponsel.

Banyak pengguna yang mengulas di Google Play Store memberikan ulasan ngatif bahwa applikasi ini tidak kompatibel untuk meng-upalod foto profil. masalah ini banyak ditemukan pada pengguna ponsel android seperti Galazy Y.

2. Kesalahan dalam meng-upload file video

Telegram menawarkan upload file video hingga 1 GB. Tetapi dalam banyak kasus pengguna mendapatkan pesan error di awal atau di tengah proses update.

3. Tidak memungkinkan untuk mengirim beberapa file sekaligus.

Setiap kali pengguna ingin mengirim lebih dari satu file,Telegram tidak memungkinkan untuk memilih beberapa file dan mengirim sekaligus. Anda perlu mengirim gambar pertama dan setelah itu baru bisa mengirimkan file kedua.

4. Kadang-kadang perlu membuka aplikasi untuk menerima pesan

Kesalahan ini tidak terjadi pada setiap waktu. Jika Anda menerima pesan atau pemberitahuan, jika ada koneksi jaringan, secara otomatis And pasti menerima pemberitahuan. Namun dalam beberapa kasus pada Telegram, Anda harus membuka aplikasi untuk menerima pesan. Hal ini membuat aplikasi pesan instanmenjadi sia-sia.

5. Tidak ada Status online atau offline

Anda tidak dapat dengan mudah mengetahui lawan chat anda sedang online atau offline. Telegram seharusnya menyediakannya seperti apa yang tersedia di Facebook.

6. Tidak ada obrolan video/audio.

Ini adalah kelemahan penting dari Telegram. Tidak ada pilihan untuk obrolan video / audio. Ketika layanan lainnya menyediakan fasilitas ini, Telegram seharusnya juga menawarkan fitur ini untuk mendapatkan dukungan pelanggan.

Bagaimanapun Telegram menawarkan fitur lebih dibandingkan WhatsApp tetapi Telegram tidak menyediakan beberapa fitur yang disediakan oleh WhatsApp. Jika Telegram bisa mencakup semua fitur tersebut dan mengatasi berbagai kelemahnnya, dijamin Telegram akan menjadi aplikasi pembawa pesan terbaik di masa depan.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.