Hari Keluarga Nasional membangun kesadaran Muslim Brunei Darusalam

15

BANDAR SERI BEGAWAN (Arrahmah.com) – Sholat berjama’ah di Masjid Jame’ ‘Asr Hassanil Bolkiah pada Ahad (4/5/2014) malam waktu setempat, menjadi pembuka acara perayaan Hari Keluarga Nasional yang diselenggarakan secara nasional di Brunei Darusalam.

Upacara keagamaan yang unik ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga.

Sekitar 200 jama’ah berpartisipasi dalam upacara pembukaan termasuk menteri kabinet, wakil menteri, pejabat senior pemerintah, dan masyarakat kabupaten.

Sebuah doa khusus dibacakan oleh perwakilan kementrian urusan agama Haris Hj Subuh setelah melakukan shalat ‘Isya.

Kementerian urusan agama dalam sebuah pernyataan pada The Brunei Times mengatakan bahwa Hari Keluarga Nasional bertujuan untuk menghasilkan kesadaran pemahaman individu bahwa pengetahuan Islam dan praktiknya memainkan peran penting dalam membangun sebuah keluarga Muslim bahagia.

Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana keluarga religius merupakan lembaga Islam terkecil yang dapat meningkatan kualitas masyarakat yang harmoni.

Dalam laporan sebelumnya, petugas administrasi di kantor kecamatan, Ihsan Sabri Hj Abd Manap mengatakan bahwa masyarakat sekitar dihimbau melakukan Sholat Subuh berjama’ah pada hari itu di Masjid-masjid yang ditunjuk.

Anggota masyarakat juga dapat mengambil bagian dalam acara berorientasi keluarga lainnya, baik secara massal mapupun dikelola secara pribadi.

Pada hari kedua (5/4/2014) akan menampilkan lokakarya kesehatan yang terdiri dari lintas alam dan senam untuk menunjukkan kepada masyarakat agar tetap fit secara jasmani dan ruhani sambil mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas dan infrastruktur yang telah disediakan oleh pemerintah.

Pemerintah secara terorganisir menentukan lokasi perayaan massal guna mengakomodir peran serta masyarakat dalam acara tersebut.

Perayaan di Tutong akan diadakan di Pasarneka dan Tamu daerah Kg Panjang Maya, sementara Distrik Belait melakukan perayaan di Taman Rekreasi Sg Mau dan Taman Rekreasi Perak.

Warga Temburong akan berkumpul di Bumiputera Commercial Complex dan Bangar Kota Waterfront untuk menikmati kegiatan sehari penuh. (adibahasan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.