Komandan mujahidin Uzbekistan beserta pasukannya bergabung dengan Jabhah Nusrah

Syaikh Abu Hussein, Amir Jamaah Seyfuddin Uzbek
45

SURIAH (Arrahmah.com) – Seorang komandan Uzbek yang dikenal sebagai Syaikh Abu Hussein memimpin jamaahnya bertempur di jajaran Jabhah Nusrah, yang merupakan cabang resmi Al Qaeda di Suriah.

Sedikit yang diketahui tentang syaikh Abu Hussein, amir jamaah Seyfuddin Uzbek. Menurut situs From Chechnya to Syiria, sebuah situs yang melacak mujahidin dari Chechnya yang turut berjihad di Suriah, Jamaahnya ikut berjuang di bawah naungan Jabhah Nusrah dan yang mengambil bagian dalam serangan terhadap pasukan rezim Assad di Syekh Najjar, Aleppo.

Selama beberapa bulan terakhir, Syekh Najjar, sebuah kota industri di luar Aleppo, telah menjadi ajang pertempuran sengit antara kelompok jihad dan militer Suriah. Syaikh Abdullah Muhammad al Muhaysini, seorang ulama Saudi populer dan rising star di dunia jihad yang mendukung Jabhah Nusrah, baru-baru ini terlihat dalam sebuah video di mana ia memuji pejuang dari Islam Emirat Kaukasus yang bertempur di Syekh Najjar.

Jamaah Syaikh Abu Hussein Seyfuddin Uzbek diperkirakan memiliki sejumlah pejuang dari Uzbekistan dan negara-negara tetangga di Asia Tengah, demikian klaim seorang pejabat intelijen AS yang melacak kelompok jihad di Suriah.

Jamaah Seyfuddin Uzbek dibantu oleh Gerakan Islam Uzbekistan, atau IMU, sebuah kelompok sekutu al Qaeda yang aktif di Afghanistan, Pakistan, Uzbekistan, dan Asia Tengah.
“IMU merekrut dan melatih pejuang dari Asia Tengah dan membantu mereka melakukan perjalanan ke Suriah untuk mendukung jihad Al-Qaeda”, tambahnya.

IMU dikenal mendukung jihad di Suriah. Pada bulan November 2013, IMU merilis beberapa pernyataan di halaman Facebooknya memuji kesyahidan komandan Liwa at Tauhid, kelompok Salafi yang bersekutu dengan Al Qaeda di Suriah. Dalam pernyataan itu, IMU memuji semua para mujahidin yang berjihad di seluruh dunia, termasuk di Suriah.

IMU menyatakan, “Kami berada bersama mereka, kami juga memerangi tirani di Tajikistan, Afghanistan dan Pakistan sama seperti pemimpin tiran Bashar Assad. Kami tidak membuat batas antara kami dan kalian. Sebaliknya, hati kami terbuka dengan cinta, kasih sayang dan dukungan untuk semua saudara-saudara kita di Suriah, Irak, Yaman, Aljazair, Somalia, dan Palestina “.

Kelompok mujahidin lainnya dari Asia Tengah dan Selatan, termasuk Gerakan Taliban di Pakistan, juga diketahui telah membentuk kelompok jihad dan melakukan sel-sel pelatihan di dalam wilayah Suriah. (muqawamah.com/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.