Berita Dunia Islam Terdepan

Arab Saudi akan membangun Kingdom Tower setinggi 1 km

7

ARAB SAUDI (Arrahmah.com) – Arab Saudi akan memulai pembangunan sebuah gedung yang disebut-sebut akan menjadi gedung tertinggi di dunia dan dinamai Kingdom Tower pada Ahad (27/4/2014) mendatang, lansir Construction Weekly.

Proyek senilai $ 1,2 milyar tersebut sebelumnya telah diundur sejak pertama kali diusulkan pada tahun 2011, dan kali ini, rencana pembangunan gedung pencakar langit di atas tanah Jeddah itu dikabarkan akan segera dilancarkan.

Inti dan tahap konstruksi pertama pembangunan Kingdom City ini terletak di sepanjang Laut Merah di sisi utara Jeddah, kota yang dikenal sebagai pintu gerbang ke Mekah.

Kingdom Tower dirancang untuk dibangun setinggi 999,75 meter atau hampir mendekati 1 kilometer dengan luas bangunan 530.000 meter persegi.

Bangunan ini direncanakan akan memiliki total 200 lantai, 160 di antaranya dirancang untuk hunian. Kingdom Tower akan meliputi hotel Four Seasons, kondominium mewah, ruang perkantoran, dan sebuah observatorium

Dengan struktur rampingnya, Kingdom Tower direncanakan akan tiga kali lebih besar dibanding gedung tertinggi di Eropa, The Shard, dan akan mengambil alih posisi gedung Burj Khalifa di Dubai sebagai gedung tertinggi di dunia yang tingginya 828 meter.

Kompleks ini direncanakan akan memiliki 59 lift, termasuk lima lift double-deck.

Dirancang oleh perusahaan Adrian Smith + Gordon Gill Architecture, bangunan ini dijadwalkan mencapai penyelesaian dalam jangka waktu 63 bulan.

“Visi kami untuk Kingdom Tower adalah salah satu yang merepresentasikan semangat baru Arab Saudi”, kata Adrian Smith, salah seorang pendiri Adrian Smith + Gordon Gill Architecture.

http://www.youtube.com/watch?v=t90zu387Rzs

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...