Esok ratusan Ulama Ahlusunnah deklarasikan "Aliansi Nasional anti Syiah"

Ketua Harian Aliansi Nasional anti Syiah, KH Athian Ali M. Da’i, MA,
17

BANDUNG (Arrahmah.com) – Rencanya esok, Ahad (20/4/2014) pagi lebih dari 180 ulama dari seluruh Indonesia akan mendeklarasikan “Aliansi Nasional anti Syiah” di Masjid Al Fajr, Buah Batu, Bandung, Jawa Barat, insya Allah Ta’ala.

Terselenggaranya kegiatan ini merupakan tindak lanjut rekomendasi hasil Musyawarah Nasional Ulama dan ummat Islam Indonesia ke-2 yang diselenggarakan Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI)di Bandung, Ahad 22 April 2012 lalu.

Ketua FUUI KH Athian Ali Dai mengatakan, deklarasi ini diselenggarakan sebagai wadah untuk mengantisipasi penyebaran paham sesat Syiah di Indonesia.

“Gerakan Syiah di negeri ini sekarang semakin masif dan berani menyebarkan paham dan ajaran-ajaran sesat mereka, sehingga memerlukan respons dengan serius,” kata Kiai Athian kepada ROL, Sabtu (19/4/2014).

Menurut Kiai, respons dari para ulama pun sangat luar biasa. Sampai hari ini, sudah ada 74 ulama dari seluruh Indonesia yang mendaftarkan dirinya sebagai anggota Dewan Syuro Aliansi Nasional Anti-Syiah. Di samping itu, sebanyak 14 orang cendekiawan Muslim dari berbagai perguruan tinggi dan organisasi pun telah bergabung sebagai anggota dewan pakar di aliansi ini.

Kiai Athian mengatakan, deklarasi ini nantinya akan diikuti oleh 187 ulama di Tanah Air dengan berbagai latar belakang ormas seperti Persis (Persatuan Islam), DDII (Dewan Dakwa Islam Indonesia), Aswaja, Al Irsyad Al Islamiyah, Muhammadiyah, NU (Nahdlatul Ulama), dan lain-lainnya. Selain itu, kegiatan ini juga akan dihadiri sejumlah akademisi Muslim dan pengurus MUI (Majelis Ulama Indonesia), baik yang ada di pusat maupun daerah.

“Kami berharap, perwakilan-perwakilan aliansi ini ke depannya bisa berkembang ke seluruh penjuru Tanah Air. Mudah-mudahan mereka bisa menjadi semacam posko koordinasi antara ulama dan umat yang ada di daerah-daerah,” katanya.

Dengan adanya wadah ini, kata Kiai Athian lagi, diharapkan bisa membentengi umat dan keluarga-keluarga Muslim di Indonesia dari penyebaran ajaran Syiah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, tercatat beberapa nama Ulama yang akan menghadiri acara ini, diantaranya KH Abdul Hamid Baidlowi, Ustadz Farid Ahmad Okbah MA., Prof. Dr. KH Muslim Ibrahim, KH Muhammad Said Abdus Shamad Lc., Prof. Dr. KH Maman Abdurrahman, Drs. KH Abdul Muis Abdullah, KH Ahmad Cholil Ridwan Lc., Ustadz Abu Muhammad Jibriel Abdurrahman, Alhabib Zein Al Kaff, Drs. KH M Nuruddin A Rahman SH, Prof. DR. Muhammad Baharun, dan tuan rumah KH Athian Ali M Da’i Lc. MA

(azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.