Serangan pejuang Yaman tewaskan wakil gubernur Baydha

3

YAMAN (Arrahmah.com) – Serangan kelompok pejuang di Semenanjung Arab telah menewaskan wakil gubernur provinsi Baydha di pusat Yaman pada Selasa (15/4/2014).

Kepala keamanan provinsi untuk Baydha, Adel Al-Asbahi, mengatakan bahwa orang-orang bersenjata menembaki wakil gubernur provinsi, Hussein Dayyan, saat dia melangkah ke luar rumahnya di Kota Al-Baydha, ibukota provinsi.

Seorang pejabat keamanan setempat Yaman yang menolak untuk disebut namanya menyatakan bahwa para penyerang itu mengenakan topeng, dan menduga bahwa para penyerang adalah anggota Al-Qaeda di Semenanjung Arab atau Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP). Dia mengatakan bahwa serangan itu menyiratkan semua keunggulan Al-Qaeda, lansir Al-Arabiya. Mereka, yang mengendarai mobil pada saat serangan itu, berhasil meloloskan diri.

Hanya beberapa jam setelah tewasnya Hussein Dayyan, seorang perwira intelijen Yaman berpangkat tinggi, Nasser Al-Rimah, juga tewas terbunuh di pasar yang terkenal di distrik Dhahar Baydha itu.

Sumber-sumber di dinas keamanan Yaman sebelumnya telah menyatakan bahwa provinsi Shabwa, Hadramout, Abyan, dan Baydha telah menjadi medan perang terbuka antara Al-Qaeda dan personil keamanan boneka Yaman yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun.

AQAP telah secara rutin menargetkan pejabat politik, militer, dan intelijen boneka Yaman, terutama sejak pasukan negara Yaman merebut kembali wilayah yang dikuasai AQAP antara tahun 2011-2012. Provinsi Baydha telah menjadi benteng utama AQAP sejak peningkatan jumlah mujahidin yang bermigrasi ke sana pada tahun 2012 . (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.