Berita Dunia Islam Terdepan

“Israel” menutup Masjid Ibrahimi untuk Muslim di hari Paskah

8

TEPI BARAT (Arrahmah.com) -Pemerintah “Israel” telah memerintahkan penutupan Masjid Ibrahimi di kota Al-Khalil Tepi Barat bagi ummat Islam pada Rabu (16/4/2014) dan Kamis (17/4) selama hari libur Paskah Yahudi yang dimulai Senin (14/4), kata seorang pejabat Palestina.

“”Israel” telah memberitahukan kepada kami tentang penutupan Masjid Ibrahimi pada Rabu pagi hingga Kamis malam,” Tayseer Abu Sneineh, direktur waqaf keagamaan di Al-Khalil, mengatakan kepada Anadolu Agency.

“Lokasi ini tertutup untuk jamaah Muslim selama liburan Yahudi, sementara tetap terbuka untuk orang-orang Yahudi dengan dalih memberikan perlindungan kepada pemukim [Yahudi] dan memungkinkan mereka untuk melakukan ritual Talmud mereka,” tambahnya.

Kompleks Masjid Ibrahimi Al-Khalil diyakini untuk menandai lokasi pemakaman para nabi Abrahim, Ishaq dan Ya’qub.

Setelah pembantaian 29 jamaah Palestina tahun 1994 di dalam masjid tersebut oleh ekstremis pemukim Yahudi Baruch Goldstein, pemerintah “Israel” membuat jamaah Muslim dan jamaah Yahudi terpisah.

Al-Khalil adalah rumah bagi sekitar 160.000 Muslim Palestina dan sekitar 500 pemukim Yahudi. Pemukim Yahudi tinggal di sejumlah wilayah Yahudi yang dijaga ketat oleh pasukan “Israel”.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...