Swiss akan menyerahkan uang Ben Ali ke Tunisia

Ben Ali saat masih menjabat sebagai presiden Tunisia. (Foto : AFP)
11

SWISS (Arrahmah.com) – swiss mengatakan pada Jum’at (11/4/2014) akan menyerahkan uang Ben Ali-mantan diktator Tunisia-yang disimpan di rekening bank Swiss sebanyak 40 juta USD ke Tunisia.

Pemerintah Swiss telah membekukan dana tersebut setelah revolusi Tunisia diluncurkan pada 2011 yang berhasil menggulingkan sang diktator dari kekuasaan.

Berbicara kepada radio publik Swiss, kepala jaksa Michael Lauber mengatakan transfer dana telah dimungkinkan berkat kerja sama dengan otoritas baru Tunisia, seperti dilansir Al arabiya.

Keluarga Ben Ali masih memiliki pilihan untuk memperjuangkan uang itu dengan mengajukan banding di Mahkamah Agung Swiss.

Ben Ali saat ini mendapatkan suaka di Arab Saudi sementara menantunya, Sakher el-Materi, yang pernah dianggap sebagai pengganti potensial, telah melarikan diri ke Seychelles.

Sebuah laporan Bank Dunia pada bulan lalu merinci cengkeraman keluarga Ben Ali terhadap perekonomian selama 23 tahun pemerintahan. Ditemukan 220 perusahaan yang dimiliki oleh anggota keluarga, 21 persen dari laba bersih di sektor swasta di Tunisia dimiliki oleh keluarga dengan peraturan yang sering disesuaikan dengan keuntungan bisnis mereka. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.