Berita Dunia Islam Terdepan

Di Bogor ratusan surat suara didapati sudah tercoblos sebelum dicoblos

foto ilustrasi
9

BOGOR (Arrahmah.com) – Ratusan surat suara didapati sudah tercoblos sebelum dicoblos oleh warga yang hendak menggunakan hak pilihnya di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) kabupaten Bogor. Di TPS 20 Kampung Lebak Kongsi, Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, sebanyak 83 surat suara dari total 186 surat suara, ditemukan sudah dicoblos. Sementara di TPS 5, sebanyak 91 surat suara dari total 325 surat suara sudah dicoblos atau sudah dilubangi.

“Kalau di TPS 20, ada 83 surat suara. Yang sudah tercoblos itu 43 surat suara untuk DPR RI dan 40 surat suara untuk DPRD Kabupaten Bogor. Sementara di TPS 5, ada 91 surat suara, 41 suara untuk DPR dan 50 DPRD Kabupaten Bogor,” kata Korlap Partai Gerindra Kec Ciampea, Indra Anwar, lansir detik.

Mendapati hal itu, Bupati Bogor Rachmat Yasin langsung menggelar rapat koordinasi bersama KPU, PPK, PPS, KPPS, Panwas, polisi dan TNI terkait temuan ratusan surat suara tercoblos sebelum pemungutan suara. Akhirnya diputuskan, pencoblosan diulang.

“Dari hasil investigasi, ternyata lebih dari setengah jumlah TPS di Desa Benteng Kecamatan Ciampea. Maka KPU dan Panwaslu sepakat kalau pemungutan suara dihentikan dan akan digelar PSU (Pemungutan Suara Ulang),” kata Rachmat Yasin usai rapat di kantor Kecamatan Ciampea, Rabu (9/4/2014).

Sang Bupati merinci dari 22 TPS, 13 di antaranya terindikasi ada kecurangan. Saat berada di bilik suara, ratusan pemilih mengembalikan surat suara ke petugas karena surat suara sudah tercoblos.

(azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...