Roket Gaza menghantam "Israel" selatan

9

GAZA (Arrahmah.com) – Militer “Israel” mengatakan pada Sabtu (5/4/2014) malam bahwa sebuah roket dari Jalur Gaza menghantam “Israel” selatan. Serangan tersebut merupakan serangan kelima sejak Kamis (3/4), lansir Ma’an.

Roket itu mendarat di daerah terbuka di wilayah Hof Ashkelon di “Israel” selatan dan tidak ada yang cedera, kata pihak militer “Israel” dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya roket dari Gaza juga mendarat di daerah terbuka di “Israel” selatan, namun tidak ada cedera atau kerusakan yang dilaporkan.

Hamas – yang mengontrol Jalur Gaza – dan penjajah “Israel” telah melakukan gencatan senjata yang lemah sejak November 2012, di mana pasukan penjajah “Israel” kerap melanggarnya. Karenanya, kelompok-kelompok pejuang Islam di Jalur Gaza Palestina sering meluncurkan roket ke “Israel”.

Sebagian besar serangan yang menggunakan roket rakitan ini mendarat di daerah terbuka di “Israel” selatan.

Serangan besar terbaru diluncurkan pada pertengahan Maret, ketika kelompok-kelompok pejuang Islam menembakkan puluhan roket setelah pasukan penjajah “Israel” dilaporkan membunuh enam warga Palestina – termasuk tiga orang di dekat perbatasan dengan Gaza – dalam waktu dua puluh empat jam.

Pasukan “Israel” malah kembali membalas dengan serangan udara mereka, namun kemudian gencatan senjata segera diaktifkan kembali dengan intervensi Mesir.

Penjajah “Israel” telah memberlakukan blokade ekonomi yang parah di Jalur Gaza terhadap 1,7 juta warga Palestina sejak tahun 2006.

Blokade itu telah membatasi impor dan ekspor ke dan dari Jalur Gaza serta telah menyebabkan krisis kemanusiaan dan kesulitan yang berat bagi warga Gaza. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.