Serangan drone AS targetkan kamp pelatihan AQAP di Yaman selatan

10

YAMAN (Arrahmah.com) – Serangan pengecut drone salibis AS menargetkan kamp pelatihan Al-Qaeda di Semenanjung Arab atau Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP) di Yaman Selatan. Serangan pesawat tak berawak itu merupakan serangan pertama di Yaman dalam hampir tiga minggu terakhir.

Pada Selasa (1/4/2014), serangan tersebut menargetkan pusat pelatihan AQAP di wilayah Al-Mahfad provinsi Abyan, lapor Xinhua. Senjata predator jarak jauh salibis AS dilaporkan menembakkan tiga rudal di “dua pondok dan situs yang digunakan sebagai pusat pelatihan,” hingga membunuh tiga pejuang AQAP dan melukai empat lainnya, beberapa diantaranya dalam keadaan kritis.

Pejuang AQAP segera membawa rekan mujahidin mereka yang terluka ke Azzan di provinsi Shabwa, menurut Barakish. Situs yang ditargetkan tersebut baru-baru ini terlihat dalam sebuah video AQAP.

Wilayah Al-Mahfad dikenal sebagai benteng pertahanan AQAP. Pada musim semi tahun 2012, para pemimpin dan pejuang AQAP dilaporkan berkumpul di wilayah Al-Mahfad selama serangan militer Yaman, di mana sebelumnya AQAP menguasai kota-kota di Abyan, serta kota-kota lain dan kota-kota di provinsi tetangga Shabwa, setelah meluncurkan serangan mereka pada tahun 2011.

AQAP berhasil bertahan di wilayah Al-Mahfad meskipun beberapa operasi militer Yaman berusaha untuk mengusir kelompok jihad mereka. Salibis AS juga meluncurkan tiga serangan pengecut pesawat tak berawak di wilayah Al-Mahfad pada tahun 2013; pada bulan Mei, Juni, dan Juli.

Serangan terbaru pada Selasa (4/1) adalah yang pertama di Yaman sejak 12 Maret, ketika drone pengecut AS menargetkan seorang komandan AQAP dan pengawalnya di provinsi utara Al Jawf. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.