AQAP mengumumkan formasi kelompok jihad baru untuk melawan Syi'ah Houthi

28

YAMAN (Arrahmah.com) – Pada Senin (31/3/2014), Al-Qaeda di Semenanjung Arab atau Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP) mengumumkan pembentukan sebuah kelompok jihad baru yang disebut “Anshar Al-Shariah di Wilayah Pusat,” lansir LWJ.

Organisasi jihad ini menyatakan bahwa tujuan pembentukan kelompok baru tersebut adalah untuk memerangi para pemberontak Syi’ah Houthi yang berbasis di provinsi Sa’adah utara Yaman. Pengumuman ini juga termasuk kritikan tajam terhadap pemerintah Yaman dan menyatakan bahwa Sana’a terlibat dalam konspirasi yang bertujuan untuk memperkuat pemberontak Syi’ah.

Provinsi Sa’adah telah menjadi situs sebuah pemberontakan Syi’ah Houthi yang masih berlangsung terhadap pemerintah pusat di Sana’a sejak tahun 2004, ketika militer Yaman menewaskan Hussein Badr Al Deen Al Houthi, komandan kelompok Syi’ah itu.

Sebelumnya, AQAP juga meresmikan Anshar Al-Shariah pada tahun 2012 dalam upaya untuk memusatkan lebih banyak dukungan bagi organisasi jihad mereka. Dan kelompok jihad baru ini kemungkinan merupakan subkelompok Anshar Al-Shariah yang dengan tegas berfokus pada serangan-serangan yang menargetkan Syi’ah Houthi.

Pernyataan kelompok jihad ini juga menyebutkan serangan 28 Maret oleh militer Yaman terhadap sebuah pemukiman “mata-mata” AQAP di provinsi Al-Dalea, dan mengatakan itu bagian dari konspirasi terhadap Al-Qaeda.

“Timur dan Barat terlibat” dalam konspirasi ini, AQAP menegaskan, dan menyeru Ahlussunnah di manapun berada untuk bangun dan menyadari sejauh mana konspirasi ini berlangsung.

Selain itu, pernyataan tersebut juga secara langsung mengancam pasukan keamanan boneka Yaman dan sekaligus pemberontak Syi’ah Houthi. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.