Berita Dunia Islam Terdepan

Dalam satu dekade, jumlah tahanan Muslim di Inggris meningkat dua kali lipat

5

LONDON (Arrahmah.com) – Muslim di Inggris hanya berjumlah 4,7 persen dari populasi di Inggris dan Wales, menurut sensus terbaru, namun satu dari tujuh tahanan (14 persen) di Inggris dan Wales adalah seorang Muslim.

Di beberapa penjara, proporsi tahanan Muslim lebih dari sepertiga dan di Whitemoor, Kategori A penjara di Cambridgeshire setinggi 43 persen.

Populasi tahanan Muslim telah meningkat dari 5.502 pada tahun 2002 menjadi 11.729 pada tahun 2013 dan terus meningkat pesat karena sejumlah besar remaja Muslim berada di dalam penjara remaja, lansir Guardian (28/3/2014).

Penjara lain dengan proporsi yang mengejutkan termasuk Isis (34 persen) dan Feltham (33 persen), keduanya di London.

Ahli pidana menunjukkan ada sejumlah besar remaja dan pemuda keturunan Pakistan dan Bangladesh dalam kelompok usia 15-25 tahun di penjara Inggris.

Muzammil Quraishi, seorang dosen senior dan kriminologi peradilan pidana di Universitas Salford mengatakan : “Pemuda Muslim di bawah pengawasan resmi di sekolah mereka dan seterusnya, lensa negara terus menatap kepada mereka. Masyarakat tertentu dapat menjadi masyarakat tersangka di mata ‘penegak hukum’.”

Mizanur Rahman, juru bicara organisasi Tahanan Muslim menyalahkan peningkatan ini kepada islamofobia dan rasisme di kalangan polisi. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...