Berita Dunia Islam Terdepan

Dalam 1 tahun lebih dari 1300 tentara boneka Afghanistan tewas di tangan Taliban

3

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Sekitar 1.387 tentara boneka Afghanistan tewas selama lebih dari satu tahun dalam serangan yang dilancarkan oleh Mujahidin Imarah Islam Afghanistas (IIA) atauTaliban, ungkap Kementerian Pertahanan Afghanistan pada Rabu (26/3/2014), seperti dilansir World Bulletin.

“Rata-rata 4 tentara tewas per hari dari Maret 2013 sampai Maret 2014”, ujar juru bicara Departemen Pertahanan Zahid Azimi, mencatat bahwa itu adalah tingkat kematian tertinggi dalam periode ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut data kementerian, sebanyak 85 persen dari tentara yang tewas kehilangan nyawa mereka dari ledakan bom pinggir jalan. Selama tahun lalu tentara Afghanistan menjalankan lebih dari 1500 operasi militer dan 500 operasi khusus terhadap Taliban, kata Azimi. “Tentara Afghanistan hanya membutuhkan pelatihan, logistik dan dukungan udara dari pasukan internasional,” dalihnya.

Sementara itu, menurut data yang sama, saat ini, tentara Afghanistan tengah membuat persiapan terakhir untuk mengamankan wilayah untuk pemilu Afghanistan pada 5 April mendatang dari serangan Taliban. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...