Berita Dunia Islam Terdepan

Serangan AQAP tewaskan 20 tentara boneka Yaman di Hadramaut

4

YAMAN (Arrahmah.com) – Al-Qaeda di Semenanjung Arab atau Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP) melancarkan serangan mematikan pada Senin (24/3/2014) dini hari yang menewaskan 20 tentara boneka Yaman di provinsi Hadramaut yang telah menjadi medan pertempuran utama selama beberapa tahun terakhir.

Mujahidin maju melancarkan serangan ke pos pemeriksaan dalam sebuah konvoi kendaraan, menyapu para tentara boneka yang bertugas dengan senjata otomatis sebelum melemparkan granat di sebuah tenda yang berdekatan di mana sebagian besar kesatuan pasukan tentara tertidur, seorang sumber militer Yaman mengatakan kepada AFP.

Sementara SABA, kantor berita yag dikelola negara Yaman, mengkonfirmasi serangan itu dan mengatakan bahwa 20 tentara tewas dan satu lagi terluka.

Hadramaut adalah rumah leluhur Syaikh Usamah bin Ladin, dan provinsi ini telah menjadi benteng AQAP selama beberapa tahun terakhir. Mujahidin AQAP telah bergabung di Hadramaut dan provinsi lainnya. Pada bulan Mei 2013, pemerintah Yaman mengklaim telah menggagalkan plot AQAP untuk mendirikan sebuah Imarah Islam di daerah Ghayl Bawazir .

AQAP telah meluncurkan serangkaian serangan terhadap kompleks pasukan keamanan boneka Yaman di provinsi tersebut. Pada September 2013, satu tim AQAP menyerbu basis yang dijalankan oleh paramiliter Organisasi Keamanan Pusat Kementerian Dalam Negeri di kota Mukallah, ibukota provinsi Hadramaut. Sejumlah tentara boneka tewas dan basis mereka dikuasai oleh AQAP selama berhari-hari.

Sementara salibis AS telah meluncurkan serangkaian serangan pengecut pesawat tak berawak di Hadramaut. Dalam serangan terakhir, pada tanggal 5 Maret, AS membunuh komandan AQAP Ali Juraym. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...