Berita Dunia Islam Terdepan

Serangan Al-Qaeda tewaskan 20 tentara, Mendagri Yaman pecat para petinggi militer

4

SHAN’A (Arrahmah.com) – Menteri Dalam Negeri Yaman Abdah Husain At-Tarb memecat pada Senin (24/3/2014) siang para pejabat tinggi militer di provinsi Hadramaut setelah serangan kelompok bersenjata yang ditengarai sebagai Al-Qaeda in Arabic Peninsula (AQAP) terhadap sebuah posko pemeriksaan militer menewaskan 20 tentara dan mencederai sejumlah tentara lainnya, Al-Quds Al-Araby melaporkan.

Untuk pertama kalinya Menteri Dalam Negeri Yaman melakukan pemecatan secara langsung terhadap para pejabat tinggi militer setelah terjadinya kejadian keamanan yang besar. Para pengamat keamanan memperkirakan pemecatan itu terkait dengan semangat Mendagri yang baru dilantik tiga pekan yang lalu, sikap tegasnya dalam menyikapi persoalan keamanan “yang mengancam negara” dan keteledoran aparat keamanan.

“Dua puluh tentara tewas dalam serangan terhadap posko pemeriksaan militer dekat Reida, sekitar 135 kilometer sebelah timur ibukota propinsi Mukallah, kantor berita pemerintah Yaman Saba melaporkan. Sumber-sumber militer Yaman menyebut serangan pada Senin pukul 06.30 tersebut dilakukan oleh AQAP. Serangan dilakukan oleh sejumlah pria bersenjata dengan mengendarai beberapa mobil. Para pelaku langsung melarikan diri setelah penyerbuan tersebut.

Berdasar laporan Saba, Mendagri Yaman memecat Direktur Keamanan Provinsi Hadramaut, Komandan Pasukan Khusus Provinsi Hadramaut, dan Komandan posko keamanan setempat. Mendagri Yaman membentuk tim investigasi khusus untuk menyidiki serangan tersebut.

(muhib al majdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...