Berita Dunia Islam Terdepan

“Israel” membujuk AS untuk memberikan helikopter Apache kepada Mesir

1

TEL AVIV (Arrahmah.com) – “Israel” berusaha untuk membujuk pemerintah AS dan anggota Kongres senior untuk mempertimbangkan kembali keputusan sebelumnya untuk membekukan bantuan ke Mesir, termasuk penjualan helikopter tempur canggih Apache, kata seorang pejabat “Israel” pada hari Rabu (19/3/2014), sebagaimana dilansir oleh WordBulletin, Kamis (20/3).

Pejabat itu mengatakan kepada surat kabar Haaretz bahwa duta besar “Israel” untuk Washington Ron Dermer dan diplomat kedutaan lain berbicara tentang masalah ini dengan para pejabat AS berpangkat tinggi dalam minggu terakhir.

Para diplomat “Israel” juga mengangkat masalah ini dalam pertemuan dengan anggota Kongres, menurut surat kabar itu.

Hubungan antara Kairo dan Washington menjadi tegang menyusul pemecatan presiden Mesir terpilih Muhamad Mursi Juli lalu.

AS, yang telah memberikan Mesir miliaran dolar bantuan sejak Kairo meratifikasi perjanjian damai dengan “Israel” pada tahun 1981, membekukan bagian dari bantuan, termasuk pengiriman senjata ke tentara Mesir.

Pejabat “Israel” mengklaim bahwa “Israel” telah mengatakan kepada pemerintah AS dan anggota Kongres yang memasok helikopter Apache ke Mesir bahwa helikopter canggih Apache akan sangat penting untuk membantu peperangan Kairo melawan kelompok pejuang di Sinai, dimana Mesir telah meluncurkan sebuah perang habis-habisan melawan kelompok pejuang di Sinai. (ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...