Berita Dunia Islam Terdepan

Ali Abu Muhammad Al-Dagestan, Amir baru Imarah Islam Kaukasus

4

KAUKASUS (Arrahmah.com) – Setelah Imarah Islam Kaukasus mengumumkan syahidnya pendiri dan amir pertama mereka, Doku Umarov rahimahullah, kelompok ini menyatakan pengganti sang amir ialah Ali Abu Muhammad Al-Dagestan hafidzahullah.

Pada Selasa (18/3/2014) Kavkaz Center (KC) menyatakan bahwa Ali Abu Muhammad Al-Dagestan, Hakim Syariah Imarah Kaukasus, “dipilih sebagai amir baru Imarah Kaukasus oleh para pemimpin provinsi Imarah Kaukasus.” KC juga merilis sebuah video dari Ali Abu Muhammad, di mana dia memuji Doku dan mengatakan dia memiliki tugas yang monumental dalam memimpin Imarah Islam Kaukasus .

Ali Abu Muhammad diangkat oleh Doku sebagai qadi, atau hakim senior, kelompok mereka pada Oktober 2010. Dia bertugas sebagai qadi Imarah Islam Kaukasus setelah pendahulunya, Sayfullah, gugur dibunuh oleh pasukan penjajah Rusia pada Agustus 2010.

Pada saat pengangkatannya sebagai qadi, Ali Abu Muhammad merendah dan mengatakan dia tidak memenuhi syarat untuk melayani Imarah Kaukasus tetapi harus berjuang melaksanakannya mengingat situasi di Kaukasus:

Sebagaimana kita ketahui, Amir kita, Doku Abu Usman, menunjuk saya sebagai qadi Imarah Kaukasus setelah syahidnya saudara kita Sayfullah, meskipun saya tidak layak mengemban jabatan ini, sebagaimana para Faqih (ulama ahli fiqih) kita menentukan syarat-syarat dan mendefinisikan kualifikasi yang harus dimiliki seorang qadi Syariah. Salah satu syarat ini adalah bahwa dia haruslah seorang ulama Mujtahid (yang mampu melakukan Ijtihad – interpretasi Al-Qur’an dan Sunnah). Saya bukanlah salah satu dari mereka. Karena kurangnya orang-orang [yang memenuhi ketentuan] seperti itu, tidak hanya di Imarah Kaukasus, tetapi juga di luar Kaukasus, saya harus menerima “beban” berat ini, semoga Allah mengampuni saya.

Ali Abu Muhammad tidak terlihat di mata publik setelah pengangkatannya sebagai qadi. Dia menimbang kasus penculikan anak seorang tokoh terkemuka di Dagestan pada Oktober 2010. Beberapa minggu kemudian, KC menyatakan bahwa keputusannya menyebabkan pelepasan anak itu.

Dengan syahidnya Doku dan pengangkatan Ali Abu Muhammad sebagai amir baru Imarah Islam Kaukasus, mujahidin di Kaukasus telah melewati gugurnya sejumlah pemimpin senior mereka di masa lalu. Dan jihad telah menyebar dari Chechnya ke Dagestan dan Ingushetia, dan bahkan ke jantung Republik Rusia. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...