Berita Dunia Islam Terdepan

Jabhah Islamiyah menghadang serangan milisi Syiah “Hizbullah” di kota Mourek

3

HAMAH (Arrahmah.com) – Pasukan rezim Nushairiyah Suriah dan milisi Syiah “Hizbullah” Lebanon mendapatkan pukulan-pukulan keras dari kelompok-kelompok jihad di propinsi Hamah dan Idlib. Belasan posko militer dan markas militer rezim Nushairiyah di kota Khan Syaikhun, Mastumah, Mourek dan wilayah lain di kedua propinsi tersebut jatuh ke tangan mujahidin dalam berbagai operasi gabungan mujahidin selama sebulan terakhir.

Kondisi itu memaksa rezim Nushairiyah Suriah untuk mengirim lebih banyak pasukan guna merebut kembali posko militer, markas militer dan wilayah yang telah dikuasai mujahidin. Selain melakukan bombardir udara secara massif di Khan Syaikhun, Mastumah dan Morek, rezim Nushairiyah juga melakukan serangan darat.

Pasukan rezim Nushairiyah Suriah dan milisi Syiah “Hizbullah” Lebanon melakukan serangan darat ke kota Mourek, pinggiran Hamah utara pada Ahad (16/3/2014). Serangan itu melibatkan beberapa tank dan artileri berat.

Mujahidin Liwa’ Shuqur Asy-Syam, salah satu unsur Jabhah Islamiyah, menghadang serangan tersebut dengan gigih. Baku tembak sengit berlangsung sepanjang hari Ahad. Mujahidin menggunakan senjata ringan, senjata menengah dan roket RPG untuk menghentikan pergerakan maju pasukan rezim dan milisi Syiah.

Video yang dirilis akun resmi Jabhah Islamiyah menyebutkan Liwa’ Fajrul Islam, salah satu bagian dari Liwa’ Shuqur Asy-Syam, adalah kelompok jihad yang menghadang serangan di kota Mourek tersebut. Jabhah Islamiyah belum memberitakan lebih lanjut jumlah korban di kedua belah pihak.

(muhib al majdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...