Berita Dunia Islam Terdepan

Al-Qaeda mengumumkan majalah jihad berbahasa Inggris baru, Resurgence

3

(Arrahmah.com) – Sebuah majalah Al-Qaeda berbahasa Inggris baru bernama Resurgence (Kebangkitan) akan mengguncang dunia. Kemunculan majalah jihad on-line ini telah diumumkan oleh As-Sahab, sayap media Al-Qaeda, dalam sebuah video yang diunggah di YouTube.

Video berdurasi 1 menit 16 detik tersebut diproduksi dengan audio pidato Malcolm X, tokoh Islam kulit hitam AS dan juru bicara Nation of Islam, untuk menarik penonton berbahasa Inggris.

“Kalian tidak pernah bisa menjangkau seseorang jika kalian tidak mengerti bahasanya,” narasi dalam video itu. “Jika seseorang berbicara bahasa kekerasan, kalian tidak bisa datang kepadanya dengan kedamaian.”

Rencana peluncuran majalah tersebut menandai publikasi berbahasa Inggris pertama dari cabang utama kelompok jihad ini. As-Sahab, yang merilis video ini di internet pada akhir pekan lalu, telah bertahun-tahun merilis pesan dari pemimpin-pemimpin senior kelompok jihad seperti Syaikh Ayman Az-Zhawahiri.

syaikh-aymanazw1
Syaikh Ayman Az-Zhawahiri

Video singkat ini muncul dengan menggabungkan audio dari pidato 1965 Malcolm X – termasuk kutipan “berbicara bahasa yang mereka mengerti” – dengan gambar tentara AS, mujahidin Islam, sebuah serangan yang diklaim terhadap sebuah pangkalan AS di Afghanistan dan pemboman Maraton Boston.

Pengumuman ini menunjukkan bahwa cabang utama dari organisasi jihad Al-Qaeda telah membangun kembali pengaruh dan kekuatannya di tengah serangan pesawat tak berawak teroris AS di Pakistan Barat yang terus dilakukan selama beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya, Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), juga telah menyebarkan majalah berbahasa Inggris yang dijuluki Inspire. Selama beberapa tahun terakhir Al-Qaeda di Semenanjung Arab, cabang Al-Qaeda di Yaman, telah menjadi kelompok jihad yang paling ditakuti, menurut pejabat pemerintah teroris AS.

Evan Kohlmann
Evan Kohlmann

Pengumuman Al-Qaeda ini telah membuat Barat ketar-ketir. Sejumlah pengamat “terorisme” Barat pun berbicara di beberapa media. Evan Kohlmann, seorang analis “terorisme” untuk NBC News, mengatakan gaya produksi video ini menunjukkan majalah baru itu telah dipengaruhi oleh majalah Inspire AQAP – “segala sesuatunya dari huruf, grafis, dan penggunaan suara ikon dan gambar.”

“Pengumuman ini tampaknya menjadi sebuah pengakuan diam-diam dari keberhasilan Inspire,” kata Kohlmann.

Inspire, yang diedit oleh mujahid yang besar di Amerika – Samir Khan, juga disebut-sebut menjadi sumber rencana Dzhokhar dan Tamerlan Tsarnaev untuk merakit bom pressure cooker, yang menewaskan tiga orang dan melukai 264 lainnya di Maraton Boston pada bulan April 2013 lalu.

“Jelas, Pimpinan Pusat Al-Qaeda berusaha untuk mencoba dan merekrut orang Amerika dari dalam perbatasan Amerika Serikat, termasuk secara tidak langsung jika diperlukan – model ‘terorisme’ homegrown,” kata Kohlmann.

Samir Khan telah gugur dalam serangan teroris AS yang sama yang membunuh ulama kharismatik kelahiran AS, Syaikh Anwar Al-Awlaki di Yaman pada tahun 2011.

syaikh anwar-al-awlaki
Syaikh Anwar Al-Awlaki

Artikel yang paling terkenal dalam Inspire ialah, “Cara Membuat Sebuah Bom di Dapur Ibu Anda.” Artikel ini memberikan resep untuk [merakit] bahan peledak menggunakan bahan-bahan yang dapat dibeli dengan mudah.

ar-inspire
(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...