Berita Dunia Islam Terdepan

Lagi, mujahidin membebaskan posko militer Jisr di Khan Syaikhun (2)

Mujahidin merebut posko militer Jisr di kota Khan Syaikhun
1

IDLIB (Arrahmah.com) – Operasi militer yang dilakukan secara serentak oleh kelompok-kelompok jihad di kota Khan Syaikhun, propinsi Idlib benar-benar membuat pasukan rezim Nushairiyah Suriah dan milisi-milisi Syiah sekutunya kewalahan. Satu per satu posko-posko militer rezim di kota itu berhasil dikuasia oleh mujahidin, Edlib News Network melaporkan.

Kota Khan Syaikhun terletak di bagian utara propinsi Idlib. Kota Khan Syaikhun dikepung oleh lebih dari 20 posko militer rezim Nushairiyah Suriah dan dua kamp militer rezim, yaitu kamp militer Khizanat di sebelah tenggara kota Khan Syaikhun, berada di seberang timur jalan raya nasional Idlib dan kamp militer Namr di selatan kota Khan Syaikhun, berada di seberang barat jalan raya nasional Idlib.

Lebih dari 15 kelompok mujahidin terlibat dalam operasi gabungan di kota Khan Syaikhun. Diantaranya adalah Jabhah Nushrah, Jabhah Islamiyah, Jaisyul Mujahidin, Jundul Aqsha, Tahaluf Al-Muhajirin wal Anshar, Hai’ah Himayah Al-Madaniyyin, Liwa’ Mujahidi Asy-Syam, Jabhah Ahrar Suriah, Liwa’ At-Tamkin, Katibah An-Nashr, Liwa’ 38, Katibah Asy-Syahid Fadi Al-Quthaini, dan kelompok-kelompok jihad lokal lainnya.

Dalam pertempuran sengit “Perang Pembebasan Khan Syaikhun Pintu Gerbang Menuju Hamah” sampai pada Rabu (5/3/2014) pagi, ENN melaporkan mujahidin berhasil membebaskan beberapa posko militer rezim Nushairiyah Suriah, yaitu posko militer Faqir, posko militer Sekolah Komando dan markas pasukan penyergap rezim yang terletak di dekatnya, posko militer Maarzafi, posko militer Qadur dan posko militer Fannan.

Dalam pertempuran lanjutan sampai Rabu sore, ENN kemudian melaporkan mujahidin berhasil membebaskan posko militer Jisr yang terletak di pintu gerbang kota Khan Syaikhun dari arah timur. Video yang dirilis oleh Maktab I’lami fi Khan Syaikhun dan ENN memperlihatkan mujahidin memasuki bangunan-bangunan dalam posko militer Jisr dengan pekikan takbir. Senyuman kegembiraan nampak di wajah-wajah mereka. Beberapa mobil dan bis nampak ditinggalkan oleh pasukan rezim Nushairiyah yang melarikan diri dari posko militer Jisr. Mujahidin Liwa’ Shuqur Asy-Syam yang memimpin pembebasan posko militer Jisr melakukan penyisiran di lokasi sekitarnya dan mengibarkan panji Jabhah Islamiyah di atas bangunan posko militer tersebut.

Posko militer Jisr merupakan salah satu posko militer yang sangat strategis di bagian timur kota Khan Syaikhun. Dengan menguasai posko militer Qadur, Fannan dan Jisr yang semuanya terletak di sepanjang jalan raya nasional Idlib, maka mujahidin telah menguasai jalur jalan utama sepanjang kota Khan Syaikhun.

Hal itu merupakan kerugian besar bagi pasukan rezim Nushairiyah. Mujahidin berhasil memutus jalur penghubung diantara kamp-kamp militer rezim di Khan Syaikhun. Kamp militer Khizanat yang berada di sebelah tenggara kota Khan Syaikhun kini terkucilkan dari posko-posko militer lainnya.

ENN melaporkan posko militer Jisr merupakan markas pertahanan regu-regu pasukan Dinas Intelijen Udara, Dinas Intelijen Militer dan Dinas Intelijen Nasional. Ia terletak di pintu gerbang masuk kota khan Syaikhun, menghubungkan Khan Syaikhun dengan wilayah pinggiran timur Idlib dan sekaligus menjadi jalur utama kota Khan Syaikhun menuju jalan raya nasional.

(muhib al majdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...