Berita Dunia Islam Terdepan

Taliban Pakistan mengumumkan gencatan senjata

4

PAKISTAN (Arrahmah.com) – Gerakan Taliban di Pakistan mengumumkan bahwa mereka akan menerapkan gencatan senjata yang berlangsung satu bulan dengan pemerintah Pakistan.

Pengumuman gencatan senjata itu dibuat dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Sabtu (1/3/2014) oleh Shahidullah Shahid, juru bicara utama Taliban Pakistan.

“Ini [Gerakan Taliban di Pakistan] adalah sebuah organisasi yang bertanggung jawab yang bekerja melalui konsensus dewan yang lebih tinggi dan seorang Amir untuk pengambilan keputusan,” menurut pernyataan itu, seperti dilansir ET. “Keputusan ini telah diambil dalam pandangan banding yang dibuat oleh para ulama, untuk menghormati komite representatif dan untuk kemajuan Islam dan negara.”

Gencatan senjata ini dilakukan dalam rangka meluruskan pembicaraan damai Taliban dengan pemerintah setempat yang macet bulan lalu. Shahidullah juga mendesak pemerintah Pakistan untuk menghentikan serangan udara dengan drone milik salibis AS, dan untuk mengizinkan pengenalan pemberlakuan hukum syariah di negara itu.

“Para pemimpin senior Taliban menasehati semua subkelompok untuk menghormati seruan Taliban mengenai gencatan senjata dan mematuhinya dan benar-benar menahan diri dari semua kegiatan jihad dalam periode ini,” lanjut pernyataan itu, seperti dilaporkan RFE. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...