Berita Dunia Islam Terdepan

Taliban Afghan membantah membunuh tentara perbatasan Turkmenistan

7

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Mujahidin Imarah Islam Afghanistan (IIA) atau Taliban membantah laporan beberapa media bahwa anggotanya membunuh tiga penjaga perbatasan Turkmenistan, negara yang berbatasan dengan Afghanistan di bagian tenggara.

Pejabat provinsi Badghis mengklaim bahwa tiga penjaga perbatasan Turkmenistan tewas setelah diserang oleh Mujahidin Taliban, seperti dilansir Khaama Press pada Kamis (27/2/2014).

Juru bicara gubernur Badghis Mirwais Mirzakwal mengkonfirmasi tiga tentara penjaga perbatasan Turkmenistan ditembak mati oleh Taliban pada Rabu (28/2) malam ketika sedang berpatroli di wilayah perbatasan Afghanistan-Turkmenistan.

Namun laporan tersebut segera dibantah oleh pihak Mujahidin, dalam sebuah pernyataan resmi mengatakan bahwa IIA mengecam keras insiden penembakan tersebut.

“Beberapa awak media mempublikasikan laporan dua hari sebelumnya yang menyatakan bahwa tiga penjaga perbatasan dari negara tetangga Turkmenistan dibunuh di wilayah perbatasan oleh pria bersenjata tak dikenal yang nampaknya menyeberang dari negara kami. Amat disayangkan beberapa pejabat rezim antek Kabul di provinsi Badghis menyalahkan insiden ini kepada Mujahidin Imarah Islam [Afghanistan] untuk mencapai tujuan jahat mereka,” kata pernyataan IIA yang dipublikasikan melalui Shahamat pada Sabtu (1/3).

“Imarah Islam [Afghanistan] mengecam keras insiden berbahaya ini dan dengan tegas membantah keterlibatannya dalam tindakan yang merugikan dan tidak bertanggung jawab seperti itu,” tambah pernyataan itu.

IIA juga menegaskan bahwa pihaknya menghendaki hubungan baik dengan negara-negara tetangga dan tidak ikut campur dalam urusan mereka. Bahkan IIA memiliki hubungan baik dengan negara-negara tetangga ketika berkuasa di Afghanistan.

“Perlu dikatakan bahwa Imarah Islam Afghanistan menginginkan hubungan baik dalam rangka saling menghormati dengan negara tetangga dan negara-negara regional serta komunitas internasional. Imarah Islam Afghanistan tidak mencampuri urusan orang lain [negara lain] dan juga tidak menerima campur tangan dari orang lain dalam urusannya. Imarah Islam Afghanistan memiliki hubungan baik dengan negara-negara tetangganya pada masa kekuasaannya dan masih berkomitmen dengan prinsip-prinsip hubungan bertetangga yang baik dan saling menghormati.”

Pada akhir pernyataannya, IIA juga mengingatkan bahwa Turkmenistan memiliki hubungan baik dengan negeri Afghan pada masa lalu dan tidak pernah mengintervensi Afghanistan. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...