Berita Dunia Islam Terdepan

Mujahidin Asy-Syabaab merilis video “Kehidupan masyarakat di bawah naungan Syariat”

5

BOLOBARDE (Arrahmah.com) – Yayasan Media Al-Kataib dan Al-Kataib Channel, dua sayap media mujahidin Asy-Syabaab Somalia pada Sabtu (1/3/2014) merilis video berjudul “Kondisi masyarakat dibawah naungan Syariat Islam”. Video berdurasi 7 menit 58 detik tersebut mendokumentasikan susana kehidupan masyarakat di kota Bolobarde, propinsi Islam Hiraan, dibawah naungan syariat Islam.

Asy-Syabaab Somalia merilis video dokumenter terbaru mereka tersebut bekerjasama dengan Global Islamic Media Front dan Shada Al-Jihad Media Center. Video dokumenter terbaru Asy-Syabaab ini merupakan kelanjutan dari serial video dokumenter dakwah dan pelayanan masyarakat. Sebelumnya Al-Kataib Channel pada Selasa (28/1/2014) telah merilis video pembagian zakat hewan ternak di Somalia. Video berdurasi 7 menit 13 detik tersebut mendokumentasikan kegiatan Diwan Zakat [Kantor Urusan Zakat] pemerintahan mujahidin Asy-Syabaab yang membagi-bagikan zakat berupa hewan ternak kepada penduduk muslim Somalia di kota Densor, propinsi Islam Bay dan Bakool.

Kota Bolobarde terletak di barat laut ibukota Mogadishu. Dari Mogadishu berjarak sekitar 220 kilometer. Bolobarde terhitung sebagai kota terbesar kedua di propinsi Islam Hiraan. Penduduknya berjumlah sekitar 36.000 jiwa. Pemerintahan Islam mujahidin Asy-Syabaab berdiri di kota ini pada tahun 1430 H/2009 M.

Penduduk kota Bolobarde mengatakan kehidupan di kota tersebut membaik setelah mujahidin mengelola pemerintahan kota tersebut. Di kota ini mujahidin Asy-Syabaab menyelenggaranakan daurah-daurah [training] ilmu syariat bagi berbagai elemen masyarakat. Mujahidin memiliki departemen Amar Ma’ruf Nahi Munkar bernama Diwan Hisbah yang memerintahkan penduduk kepada perbuatan makruf dan mencegah mereka dari kemungkaran.

Para petani di kota Bolobarde menyatakan kegiatan pertanian mengalami peningkatan pesat setelah penutupan organisasi WFP. Seorang pemilik toko di pusat kota Bolobarde mengatakan kepada wartawan Al-Kataib Channel bahwa kegiatan perdagangan berjalan dengan baik dan ia bisa menjalankan usahanya tanpa menemui hambatan.

Stabilitas keamanan yang berhasil diraih oleh pemerintahan mujahidin membuat kota Bolobarde mengalami kemajuan relatip pesat. Selain perdagangan, pertanian dan pendidikan yang berjalan dengan lancar; pembangunan infrastruktur juga semakin meningkat. Geliat kehidupan yang tenang dan aman ini merupakan buah dari indahnya penegakan syariat di bumi Somalia. Segala puji bagi Allah Rabb seluruh alam.

(muhib al majdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...