Seorang guru Al-Qur'an di Tehran berhasil membuat robot yang bisa mengajari siswa shalat

18

TEHRAN (Arrahmah.com) – Seorang guru sekolah Qur’an telah mengembangkan sebuah robot baru untuk mendorong siswa untuk belajar dan melaksanakan sholat setiap hari, Euro News melaporkan, sebagaimana dilansir oleh onislam, Rabu (26/2/2014).

“Saya dulu shalat dengan tergesa-gesa, tapi sekarang saya ingin shalat lebih lambat seperti robot ini,” kata salah satu siswa.

Robot baru tersebut ditemukan oleh Akbar Rezaie, (27), yang mengajar al-Qur’an di sekolah dasar Alborz di Varamin, dekat Tehran.

Diluar kepentingan pribadi dan tidak berhubungan dengan bidang studi, Akbar Rezaei mengikuti kelas privat robotika dan memperoleh keterampilan merakit dan mengembangkan robot humanoid yang bisa disesuaikan.

Dia membuat robotnya tersebut di rumah dengan alat-alat dasar dan memberikannya nama “Wildan”, istilah yang disebutkan dalam Al-Qur’an artinya: “Pemuda Syurga”.

Menerapkan beberapa modifikasi mekanis, Rezaei berhasil membuat robotnya itu melakukan gerakan shalat, seperti sujud dan sebagainya. (ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.