Memeluk Islam, diplomat AS di Sudan dipaksa mundur dari posnya

12

KHARTOUM (Arrahmah.com) – Diplomat AS di Khartoum, Joseph D Stafford, mengundurkan diri dari jabatannya setelah ia masuk Islam, kata sumber-sumber media lokal Sudan, sebagaimana dirilis oleh Anadolu Agency, Kamis (6/2/2014)

Stafford mengatakan kepada kementerian luar negeri Sudan bahwa pengunduran dirinya dibuat karena alasan pribadi, namun sumber Sudan mengklaim bahwa dubes tersebut dipaksa mengundurkan diri setelah ia memilih untuk memeluk Islam.

Sumber-sumber mengatakan bahwa Stafford telah melakukan kunjungan ke markas Ansar al-Sunnah di Sudan dan menjalin hubungan erat dengan sejumlah ulama Sudan melalui kunjungan ini.

Departemen Luar Negeri AS belum membuat pernyataan untuk mengkonfirmasi atau menyangkal berita tentang Joseph Stafford.

Setelah mengundurkan diri, Stafford menerbitkan sebuah artikel di Sudan Tribune dan berkata, “Saya dan istri saya sangat beruntung bertemu dengan begitu banyak orang-orang hebat di seluruh Sudan yang memiliki keinginan dan kemauan yang kuat untuk meningkatkan komunitas mereka. Kami akan selalu ingat kepada Anda dan negara Anda yang sangat menarik, dan saya tahu Anda akan terus bekerja keras untuk kehidupan yang lebih baik, seperti yang Anda katakan setiap hari ‘Fi Kulu Harakah Barakah’ (pepatah bahasa Arab yang artinya ‘di setiap usaha ada berkah’).”

AS belum menunjuk seorang duta besar untuk kedutaan besarnya di Khartoum sejak tahun 1998 dan telah membuat perwakilannya di sana dengan level diplomat meskipun  Sudan minta ditingkatkan menjadi duta besar. (ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.