Berita Dunia Islam Terdepan

Industri halal tumbuh subur di Rusia

86

Support Us

MOSKOW (Arrahmah.com) – Ini merupakan masa depan yang cerah bagi industri halal di Rusia terlihat dari pesatnya perkembangan industri makanan halal dan produk lainnya seperti barang, jasa dan investasi.  Banyak Muslim Rusia yang menyerukan standardisasi dan sertifikasi untuk produk halal di negara mereka.

“Industri makanan halal berkembang dengan pesat di Rusia,” Madina Kalimullina, direktur Departemen Ekonomi Dewan Mufti Rusia, mengatakan kepada Khaleej Times, Senin (23/12/2013).

“Setiap tahun, kami mencatat ada lebih dari 40 industri halal dalam berbagai bidang produksi.”

Selama tiga tahun terakhir, Muslim Rusia telah menyerukan untuk mengeluarkan standar umum untuk produksi makanan halal.

“Berdasarkan standar umum, sistem audit, penelitian yang terus menerus dan inovasi-inovasi yang dilakukan, industri halal, insya Allah, memiliki kemampuan untuk menjadi world brand dari barang dan jasa yang sehat, ramah lingkungan dan aman,” tambah Kalimullina yang juga direktur Halal Expo Moskow.

Menurut Kalimullina, OKI memiliki hak eksklusif untuk menyatukan pandangan tentang standar yang sama untuk sertifikasi halal.

“Namun masalahnya, hal tersebut masih rumit karena adanya perbedaan mazhab dan perilaku bisnis,” ungkap Kalimullina, yang memegang gelar PhD di bidang ekonomi.

 “Pada saat yang sama, upaya bulat dari ummat Islam di seluruh dunia untuk menghasilkan integrasi yang lebih dalam dan pengembangan produk halal dalam bentuk barang, jasa, perdagangan dan investasi.”

Dalam upaya untuk menarik investor baru ke pasar halal, Dewan Mufti Rusia meluncurkan proyek Moscow Halal Expo pada tahun 2010, dan terus berlangsung sampai sekarang.

“Jumlah Muslim pribumi sekarang melebihi 25 juta,” kata Kalimullina.

Kesuksesan industri makanan halal tidak terbatas pada Muslim Rusia saja. Kelompok besar lain dari konsumen non-Muslim juga memilih makanan halal untuk menjaga kualitas. Pengembangan industri makanan halal telah menjadi salah satu prioritas dari Dewan Mufti Rusia.

Pada tahun 2002, Dewan Mufti Rusia mendirikan pusat Standardisasi dan Sertifikasi Halal. Pada tahun 2011, struktur administrasi Dewan Mufti Rusia telah membentuk Departemen Ekonomi.

“Secara umum, ada beberapa rencana terkait dengan pembangunan ekonomi umat yang yang menjadi “pekerjaan rumah” Departemen Ekonomi Dewan Mufti Rusia yang meliputi pencerahan di bidang etika bisnis Islam dan keuangan Islam, pengembangan sistem sertifikasi halal, program pendidikan, terjemahan ke dalam bahasa Rusia dari standar sya’ri internasional tentang keuangan Islam yang diadopsi oleh AAOIFI, dukungan terhadap bisnis halal dan perusahaan keuangan Islam, klub pengembangan bisnis, yang terakhir adalah Moscow halal Expo,” Kalimullina menjelaskan.

“Sekarang, kami mengarahkan upaya pada pengembangan proyek-proyek bisnis dan investasi baru di bidang halal. Saat ini yang paling penting adalah mengembangkan distribusi halal di seluruh Rusia.” (ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah