Berita Dunia Islam Terdepan

Nenek Tati, dhuafa pertama yang dimakamkan di FMP Bandung

27

Support Us

BANDUNG (Arrahmah.com) – Seorang nenek bernama Tati menjadi jenazah dhuafa pertama yang dimakamkan di pemakaman Firdaus Memorial Park, Bandung. Nenek Tati meninggal dunia hari ini Rabu (18/12/2013) jam 09.00 pagi dalam usia 90 tahun.

Jasadnya terbujur  di RS Hasan Sadikin Bandung setelah 4 hari berjuang melawan komplikasi penyakit dalam yang ia derita. Tak nampak satu pun anggota keluarga yang menemani. Hanya seorang relawan pendamping dari Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa Jabar.

Sebelum meninggal dunia, dia hidup sebatang kara di di Jl. Ciwaruga Ds. Ciwaruga Kec. Parongpong  Kab. Bandung Barat. Di sebuah bilik sederhana, Tati tinggal seorang diri. Tak ada saudara tempat berbagi  cerita, atau sekadar menemani melewati hari tuanya. Entah kemana mereka, ia pun tak tahu. Sejak kapan ia sendiri, ia pun tak dapat menjawab dengan pasti. Yang ia tahu, telah lama ia sendiri, sejak suaminya menghadap Illahi, bertahun-tahun silam. Dan kini, kala tubuhnya tak mampu lagi tegak memapahnya untuk melangkah, Tati, wanita berusia 90 tahun itu, hanya dapat berbaring di sebuah kamar tanpa jendela beralaskan tanah, berdinding bilik, sendiri menjalani hidup, rilis FMP yang diterima redaksi Rabu sore.

Prosesi memandikan, mengafani,  dilakukan tim pemulasaraan WakafPro 99 bekerjasama dengan tim RSHS. Shalat jenazah pun dilakukan di Masjid AsSyifa, masih di lingkungan RS Hasan Sadikin.

Selepas shalat, jenazah segera diberangkatkan menuju lokasi Taman Wakaf Pemakaman Muslim ‘Firdaus Memorial Park’ (FMP), menggunakan ambulance khusus jenazah, fasilitas layanan yang juga disediakan oleh tim FMP. Jenazah pertama yang akan menghuni aset umat yang direncakan berdiri di atas lahan wakaf seluas 21 Hektar, di kawasan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat ini.

Belum lagi genap dua pekan dari peletakan batu pertama pembangunan Taman Wakaf Pemakaman Muslim ‘Firdaus Memorial Park’ Sabtu (7/12/2013) lalu. Hari ini Rabu (18/12/2013) kewajiban sesama muslim untuk mengurus jenazah saudaranya seiman, tertunaikan.

Sungguh betapa aset umat, Taman Wakaf Pemakaman Muslim ‘Firdaus Memorial Park’ ini, nyata manfaatnya. Tatkala orang miskin ‘dilarang’ mati, lantaran tingginya biaya untuk penyediaan lahan pemakaman. (azm/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah