Berita Dunia Islam Terdepan

Taman wakaf pemakaman Muslim "Firdaus Memorial Park" diluncurkan di Bandung

168

Support Us

BANDUNG (Arrahmah.com) – Sebuah aset publik non profit oriented,  sepenuhnya dimiliki oleh masyarakat yang  bersumber dari dana wakaf telah diluncurkan di Bandung, Sabtu (7/12/2013).

Taman Wakaf Pemakaman Muslim “Firdaus Memorial Park” (FMP) itulah nama asetnya.

Acara peletakan batu pertama pembangunannya berlangsung di lokasi yakni perkebunan teh Panglejar KM 106,300 tol Purbaleunyi, Desa Ciptagumati, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. (Dari tol Purbaleunyi arah Jakarta, keluar gerbang tol Cikamuning, belok kanan).

Hadir dalam kesempatan tersebut, antara lain: Prof. Dr. KH. Miftah Faridl (Ketua MUI Jawa Barat, Ketua Umum MUI Kota Bandung), KH. Abdullah Gymnastiar (Pimpinan Daarut Tauhid), dan H. Rachmat Badruddin (Ketua Dewan Teh Indonesia).

Lembaga Wakaf Produktif (WakafPro 99)-DD (Dompet Dhuafa) sebagai penggagas sekaligus pengelola FMP, menggalang dana wakaf dari segenap kaum peduli. Dengan Rp 10 juta, para pewakaf (waqif), akan memeroleh benefit, antara lain: 2 kavling pemakaman untuk pihak keluarga waqif, 2 kavling pemakaman untuk keluarga dhuafa.

Dalam rilis yang diterima redaksi, menyebut di Taman Wakaf Pemakaman Muslim “Firdaus Memorial Park”, tak akan ada lagi diskriminasi terhadap saudara sesama kita yang lemah di pengujung kehidupannya, kelak. Mulai dari prosesi memandikan, mengkafani, menshalatkan, hingga memakamkan, plus penyediaan lahan pemakaman itu sendiri, murni cuma-cuma tanpa ada pungutan dalam bentuk apapun.

Selain itu, fasilitas ibadah dan umum pun lengkap tersedia. Mulai dari masjid, pesantren, dan kawasan hijau semisal sawah-sawah produktif yang dikelola dengan prinsip pemberdayaan masyarakat sekitar.

Konsep ramah lingkungan di FMP menjadi komitmen yang wajib diperjuangkan. Bahwa sebuah kompleks pemakaman harus diupayakan steril dari bangunan atau tembok yang akan menghalangi penyerapan air.

Dan yang terpenting, komplek pemakaman, terlebih pemakaman Muslim, tentu harus sesuai Syariah, artinya sesuai dengan contoh Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam. Antara lain: larangan untuk mendirikan bangunan dan mencegah peziarah untuk melaksanakan ibadah lain yang tak sesuai di area pemakaman

Untuk lahan FMP, saat ini telah dibebaskan lahan seluas 5 ha di Desa Ciptagumati Kec. Cikalong Wetan Kab. Bandung Barat. Apabila Anda melalui tol Cipularang, lahan ini terletak tepat di KM 106,300-105,700 Tol Purbaleunyi arah Jakarta. Lahan pun tengah dalam proses land clearing dan pematangan. Alhamdulillah. (azm/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah