Berita Dunia Islam Terdepan

Mujahid As-Syabaab melancarkan operasi syahid di Puntland, 3 pasukan boneka tewas

38

Support Us

PUNTLAND (Arrahmah.com) – As-Syabaab, kelompok jihad yang merupakan cabang Al-Qaeda di Somalia, telah melancarkan operasi syahid di Bossaso, wilayah semi-otonom Puntland pada Kamis (5/12/2013), lansir LWJ.

Seorang Mujahid As-Syabaab melancarkan operasi tersebut dengan mengendarai mobil bermuatan bahan peledak dan menerobos konvoi kendaraan Pasukan Polisi Maritim Puntland. Laporan awal telah mengkonfirmasi ada tiga pasukan boneka yang tewas, sementara sedikitnya 37 lainnya cedera.

Pemerintah sekuler Puntland, yang tengah mempersiapkan pemilu Januari 2014, malah mengeluarkan sebuah rilis pers yang mengklaim As-Syabaab sebagai kelompok “ekstremisme dan terorisme.”

Berita Terkait

Mujahidin As-Syabaab di wilayah Puntland berada di bawah komando mantan panglima perang Mohammed Kata Atom, yang secara resmi berbaiat kepada As-Syabaab pada Februari 2012 lalu.

Wilayah pegunungan di provinsi Sanaag ini telah disamakan dengan Tora Bora di Afghanistan, dengan kompleks gua dan kamp-kamp pelatihannya. Pada tahun 2002, Al-Qaeda dan Syaikh Usamah bin Ladin berjuang melawan pasukan khusus salibis AS dan milisi boneka Afghanistan di kompleks pegunungan Tora Bora di Nangarhar di Afghanistan timur.

Meskipun pasukan keamanan sekuler Puntland dikabarkan meningkatkan serangan terhadap As-Syabaab pada bulan September tahun ini, kelompok jihad tersebut tak gentar meningkatkan kekuatan dan terus memperkuat perlawanan mereka.

Pada 8 November, sekitar 40 Mujahidin As-Syabaab telah menyerang Penjara Pusat Bossaso dan merilis pernyataan bahwa serangan tersebut berhasil membebaskan 75 saudara-saudara mujahidin lainnya yang ditahan di penjara tersebut. (banan/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah