Berita Dunia Islam Terdepan

Pasukan rezim Suriah menghantam masjid bersejarah di Aleppo

112

Support Us

ALEPPO (Arrahmah.com) – Salah satu hal yang paling tragis tentang perang sipil Suriah selama 32 bulan, setelah tak terhitung banyaknya korban yang meninggal dan cedera di samping ratusan ribu orang yang telah dipaksa meninggalkan rumah mereka, adalah penghancuran situs bersejarah. Pasukan rezim Suriah yang setia kepada Bashar al-Assad telah menghancurkan dinding timur masjid bersejarah Umayyah Aleppo.

Baru-baru ini, dinding timur Masjid Umayyah yang merupakan tempat bersejarah di kota Aleppo dihancurkan oleh pasukan rezim yang menembaki dengan senjata berat, sebagaimana dirilis oleh WordBulletin, Jumat (22/11/2013).

Menurut pernyataan Dewan Umum Revolusi Suriah, pasukan rezim menembaki pasar bersejarah yang melingkupi masjid dengan tank, mortir dan roke . Dalam serangan tersebut, dinding timur masjid hancur dan pasar sekitarnya rusak berat.

Brigade yang loyal kepada Free Syrian Army (FSA) yang berbasis di distrik Sebi Baharat Aleppo berhasil memukul mundur pasukan rezim dengan menembakkan senjata ringan.

Namun, selama pertempuran di mana gas air mata digunakan terhadap kelompok pejuang bersenjata di pasar, FSA berhasil memotong jalur suplai rezim untuk Aleppo.

Sebuah video yang menunjukkan komandan oposisi Brigade Tawhid, Salih Abdulqadir Salih, terluka setelah ditembak di kepala.

Kelompok pejuang bersenjata juga menyerang Divisi ke-17 tentara rezim, dan menguasai sebagian besar distrik Rakka, menghancurkan sebuah gudang senjata dan menahan beberapa tentara.

Masjid Umayyah sebelumnya telah menjadi targer pasukan rezim, dan telah menjadi salah satu dari banyak situs bersejarah yang hancur dalam perang berdarah ini. (ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah