Berita Dunia Islam Terdepan

Syaikh Ayman perintahkan pembubaran ISIS?

70

Support Us

(Arrahmah.com) – Berita mengejutkan datang dari Suriah.  Amir Al Qaeda, Syaikh Ayman az-Zawahiri hafidzahullah dilaporkan telah memerintahkan pembubaran Daulah Islam Irak dan Syam (ISIS) dan menyatakan Jabhah Nushrah sebagai cabang dari Al Qaeda di Suriah.

Informasi ini disiarkan oleh Al Jazeera pada Jum’at (8/11/2013) yang mengklaim mendasarkan laporannya pada perintah tertulis yang dikeluarkan pada bulan Juni lalu yang sejauh ini terabaikan.

Syaikh Ayman mengatakan Jabhah Nushrah sebagai satu-satunya cabang Al Qaeda di Suriah, bertugas dengan melaporkan kepada “komando pusat” dan tidak akan lagi beroperasi di bawah bendera Daulah Islam Irak dan Syam, menurut laporan tersebut seperti dilansir AFP.

“Daulah Islam Irak dan Syam (ISIS) akan dihapuskan sementara Daulah Islam Irak tetap berfungsi,” ujarnya.

Pada bulan April lalu, ketika amir ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi telah menyatakan Jabhah Nushrah adalah cabangnya di Suriah, namun ditolak oleh amir Jabhah Nushrah, Abu Mohammad al Jawlani, yang saat itu merespon dengan menegaskan kesetiaan kepada Syaikh Ayman.  

Syaikh Ayman dalam laporan tersebut menegur amir Jabhah Nushrah dan mengatakan bahwa dia telah melakukan kesalahan dengan mengumumkan penolakannya terhadap ISIS tanpa mendapatkan izinnya atau bahkan memberitahu.  Ia juga menyalahkan amir ISIS yang telah “membuat kesalahan dengan mendirikan ISIS tanpa meminta izin atau memberitahu kami”.

Sampai berita ini diturunkan, tim redaksi arrahmah.com belum menemukan sumber lain selain dari Al Jazeera untuk membenarkan atau menyangkal laporan tersebut.  Wallahua’lam (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah