Berita Dunia Islam Terdepan

Taliban Pakistan merilis foto As-Syahid Hakimullah sebelum dimakamkan

67

Support Us

PAKISTAN (Arrahmah.com) – Sebuah foto yang menunjukkan wajah Hakimullah Mehsud rahimahullah, amir Mujahidin Tehrik-e-Taliban Pakistan (TTP) atau yang lebih dikenal sebagai Taliban Pakistan, telah dirilis oleh sayap media resmi kelompok mereka. Hakimullah telah syahid, InsyaAllah, pada Jum’at (1/11/2013) lalu dalam serangan pengecut pesawat tak berawak salibis AS.

Foto tersebut dirilis pada halaman Facebook Media Umar, outlet resmi Gerakan Taliban di Pakistan, menurut SITE Intelligence Group. Foto yang kemudian disebarkan oleh kelompok-kelompok jihad lainnya ini menunjukkan Hakimullah rahimahullah “sebelum pemakamannya,” menurut SITE.

Foto Hakimullah rahimahullah ini merupakan konfirmasi akhir bahwa Amir Mujahidin Taliban Pakistan tersebut telah syahid, InsyaAllah, dalam serangan pengecut pesawat tak berawak salibis AS pada Jum’at (1/11) lalu di desa Danday Darpa Khel di daerah Miramshah wilayah Waziristan Utara. Wilayah ini merupakan wilayah yang berada di bawah kendali jaringan Haqqani, subkelompok Taliban yang beroperasi di Afghanistan dan Pakistan, serta terkait erat dengan Al-Qaeda .

Sebelumnya Hakimullah rahimahullah telah beberapa kali diklaim gugur dalam serangan pesawat tak berawak salibis AS, dan bahkan diklaim berada dalam perseteruan dengan seorang pemimpin Taliban yang kemudian justru menjadi wakilnya. Namun akhirnya dia selalu muncul untuk mengklarifikasi rumor-rumor tersebut.

Sejak kepergian Hakimullah rahimahullah, Taliban Pakistan telah menunjuk Asmatullah Shaheen Bhittani, seorang komandan militer dan kepala dewan eksekutif Gerakan Taliban di Pakistan, untuk menjadi amir sementara mereka, ungkap juru bicara utama Taliban Pakistan, Shahidullah Shahid, pada Ahad (3/11).

Sementara itu, Khan Said, yang juga dikenal sebagai Sajna Mehsud, disebut-sebut sebagai kandidat yang paling berpotensi untuk menggantikan Hakimullah rahimahullah sebagai amir Gerakan Taliban di Pakistan.

Pemimpin Taliban lainnya yang dianggap mampu menjalankan tugas sebagai amir Taliban Pakistan menggantikan Hakimullah rahimahullah adalah Omar Khalid Al-Khorasani, pemimpin cabang Mohmand yang terkait erat dengan Al-Qaeda, Mullah Fazlullah, ulama kharismatik yang bertanggung jawab atas pasukan di Swat dan Divisi Malakand, dan seorang komandan yang dikenal sebagai Ghalib Mehsud. (banan/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah