Berita Dunia Islam Terdepan

Taliban Pakistan tunjuk Asmatullah sebagai amir sementara setelah syahidnya Hakimullah Mehsud

48

Support Us

PAKISTAN (Arrahmah.com) – Tehrik-e Taliban Pakistan (TTP) atau yang lebih dikenal sebagai Mujahidin Taliban Pakistan telah menunjuk Asmatullah Shaheen Bhittani untuk menjadi pemimpin sementara setelah syahidnya amir mereka, Hakimullah Mehsud, sebagai akibat dari serangan pengecut pesawat tak berawak AS pada Jum’at (1/11/2013) lalu.

Asmatullah sebelumnya diketahui telah berjihad melawan pasukan salibis AS di Afghanistan dan memimpin pasukan mujahidin serta operasi syahid di Pakistan.

“Asmatullah Shaheen Bhittani, kepala syura tertinggi, telah ditunjuk sebagai amir sementara TTP,” jelas Shahidullah Shahid, juru bicara utama Taliban Pakistan kepada AFP.

Berita Terkait

Penunjukkan Asmatullah sebagai amir sementara dilakukan hanya satu hari setelah adanya laporan dari Pakistan yang mengklaim bahwa Khan Said, wakil kelompok Amir Taliban Pakistan yang juga dikenal sebagai Sajna Mehsud, telah ditunjuk untuk memimpin Gerakan Taliban di Pakistan. Taliban Pakistan tidak mengkonfirmasi laporan itu secara resmi.

Sajna sebelumnya juga disebut-sebut telah disetujui oleh mayoritas komandan Taliban Pakistan yang menghadiri sebuah syura, atau rapat dewan, untuk menggantikan Hakimullah. Tapi komandan-komandan Taliban di daerah terpencil Pakistan menyatakan itu sebagai rumor. Mereka belum mengangkat amir baru.

Para pemimpin Taliban yang lainnya juga sepakat untuk segera mengangkat pengganti amir mereka yang telah syahid.

Mereka mengindikasikan nama-nama lain yang berpotensi menggantikan Hakimullah, seperti pemimpin Mohmand Omar Khalid Al-Khorasani, Komandan Swat Mullah Fazlullah, dan Ghalib Mehsud. Namun demikian, Sajna dikabarkan telah menjadi kandidat yang paling dipertimbangkan untuk menggantikan kepemimpinan Hakimullah. (banan/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah