Berita Dunia Islam Terdepan

Taliban Pakistan tunjuk Khan Said Mehsud sebagai amir baru?

76

Support Us

WAZIRISTAN (Arrahmah.com) – Taliban Pakistan pada Sabtu (2/11/2013) menunjuk Khan Said Mehsud atau yang lebih dikenal dengan Sajna sebagai amir baru mereka setelah serangan pengecut drone AS membunuh Hakimullah Mehsud Rahimahullah di Waziristan Utara, lansir Al Arabiya.

Dewan Konsultasi Tehrik-e-Taliban Pakistan (TTP) mengadakan pertemuan di tempat yang dirahasiakan dan Sajna terpilih setelah memenangkan mayoritas suara sebanya 43 dari 60 suara, lapor media Pakistan mengutip sumber yang dekat dengan TTP.

Namun pemilihan ini belum dikonfirmasi oleh TTP secara langsung dan keputusan resmi akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang, tambah sumber.

Sajna disebut-sebut tidak memiliki pendidikan formal dan agama yang cukup, namun ia merupakan pejuang tangguh di antara Mujahidin Taliban dengan pengalaman yang signifikan dalam pertempuran di Afghanistan.

“Sajna tidak memiliki pendidikan dasar, konvensional atau agama, namun ia merupakan pejuang tangguh dan memiliki pengalaman tempur di Afghanistan,” surat kabar Dawn melaporkan mengutip pejabat boneka Pakistan.

Berita Terkait

Hafiz Saeed, pemimpin Taliban wilayah Orakzai, menurut beberapa sumber menjadi salah satu calon pengganti Hakimullah Mehsud.

Pemimpin kuat Swat Taliban, Mullah Fazlullah, yang berbasis di Provinsi Nuristan, Afghanistan juga diyakini menjadi nominator kuat.  Fazlullah dilaporkan keberatan dengan pemilihan Sajna.

Hakimullah Mehsud rahimahullah, merupakan seorang Mujahid muda berusia 30-an yang terkenal karena menyerang basis CIA di Afghanistan dan melakukan beberapa serangan terhadap jalur suplai NATO.

Azam Tariq, juru bicara Taliban Pakistan di daerah Waziristan selatan, memberikan konfirmasi pertama mengenai kematian Mehsud.

“Kami bangga dengan kesyahidan Hakimullah Mehsud,” ujar Tariq kepada AP melalui sambungan telepon dari sebuah lokasi yang dirahasiakan.  “Kami akan melanjutkan kegiatan kami.”

Jenazah Hakimullah Mehsud rahimahullah telah dimakamkan pada Sabtu (2/11) pagi bersama dengan empat mujahid lain yang gugur dalam serangan yang sama pada Jum’at (1/11).  (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah