Berita Dunia Islam Terdepan

Diduga korban penipuan,16 TKI dibuang di gurun pasir Saudi

TKI yang ditelantarkan di gurun pasir Saudi
3

RIYADH (Arrahmah.com) – Kepolisian Arab Saudi menyelamatkan sekira 16 orang pekerja rumah tangga asal Indonesia, yang sengaja dibuang di sebuah wilayah terisolasi di gurun. Pekerja yang seluruhnya perempuan itu, terlihat oleh warga setempat yang kebetulan tengah bepergian dengan keluarganya.

Diduga 16 pekerja WNI ini menjadi korban dari perdagangan manusia. Saat ditemukan, sebagian besar dari WNI tesebut tidak memiliki dokumen legal dan mengaku sudah ditipu oleh agen tenaga kerja yang membawa mereka ke Arab Saudi.

“Saya terkejut melihat ada perempuan di tempat yang terisolir dan saya langsung mendekati mereka,” ujar warga yang menemukan WNI tersebut, Abdul Rahman Al Harbi, kepada media setempat¬†Al Jazirah, seperti dikutip¬†Gulf News, Jumat (18/10/2013).

“Ketika saya dan keluarga mendekati mereka, terlihat dengan jelas mereka dalam kondisi ketakutan dan cemas. Terlebih lagi saat itu hari sudah mulai gelap dan seorang perempuan membawa bayi yang baru berusia dua bulan,” jelasnya.

Tidak diketahui secara pasti lokasi WNI itu ketika ditinggalkan oleh agen yang membawanya. Abdul Rahman mengakui bahwa WNI tersebut memang ditipu oleh agen tenaga kerja yang membawa mereka.

“Seorang korban mengatakan, mereka dijanjikan untuk membawa rombongan pekerja itu dari Riyadh ke Makkah. Namun, mereka diturunkan di tempat terisolir ini dan kemudian pelaku yang membawa mereka, pergi entah kemana,” jelas Abdul Rahman.

“Mereka (WNI) tidak punya seseorang pun untuk dihubungi. Kemudian saya menelpon patroli jalan raya dan kemudian pihak patroli menyelamatkan mereka,” pungkasnya.

(azmuttaqin/okzn/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...