Berita Dunia Islam Terdepan

Lagi Jokowi Ahok bongkar masjid, kali ini masjid Amir Hamzah TIM

Masjid Amir Hamzah TIM yang telah rata dengan tanah foto: okezone
4

JAKARTA (Arrahmah.com) – Masjid Amir Hamzah komplek Taman Ismail Marzuki telah dibongkar oleh Pemprov DKI Jakarta dibawah kepemimpinan Jokowi Ahok.

“Masjid tersebut ingin dibuat Gedung Fakultas Film IKJ dan taman,” kata seorang karyawan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang enggan disebutkan namanya kepada okzone di lokasi, Rabu (16/10/2013).

Pembongkaran masjid tersebut kata dia sangat disesalkan oleh masyarakat sekitar.

“Iya kita sayangkan saja, kok bisa dibongkar padahal masjid ini sudah lama berdiri dan dibangun sejak era Ali Sadikin,” paparnya.

Masyarakat dan mahasiswa yang ingin melaksanakan salat, untuk sementara dipindahkan di dalam basement yang terletak tidak jauh dari lokasi pembongkaran masjid.

Masjid Amir Hamzah diresmikan Gubernur Ali Sadikin 7 Januari 1977. Keberadaannya menjadi masjid kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM).

Amir Hamzah adalah Pahlawan Nasional. Dia yang disebut Anthony H Johns “Pangeran Melayu, Penyair Indonesia” begitu dihormati di negeri ini. 

Namanya pun dikukuhkan dalam berbagai situs penting. Sebut saja Masjid di Taman Ismail Marzuki (TIM), dan  taman kota Amir Hamzah di Jakarta. Termasuk nama jalan dan stadion sepak bola, nama gedung pusat kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, nama universitas dan perguruan pendidikan.

(azmuttaqin/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...