Berita Dunia Islam Terdepan

Bangkrut, AS hentikan pengiriman helikopter Apache dan rudal ke Mesir

2

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Amerika Serikat pada Rabu (9/10/2013) mengonfirmasi telah menghentikan pengiriman helikopter Apache serta rudal Harpoon dan tank ke pemimpin militer Mesir.

Review bantuan militer Washington yang meliputi suku cadang tank-tank M1/A1, tidak permanen, namun, para pejabat AS menekankan bahwa hanya persenjataan yang bernilai ratusan juta dollar.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki mengatakan pada Rabu (9/10) dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan pemerintah AS akan membekukan bantuan uang tunai dan sistem persenjataan berskala besar kepada pemerintah Mesir, lapor AFP.

Bantuan yang dipotong termasuk transfer uang tunai senilai 260 juta USD dan rencana 300 juta USD untuk jaminan pinjaman untuk pemerintah Kairo, ujar sumber Kongres AS kepada Reuters setelah anggota Kongres diberi penjelasan singkat oleh pejabat dari Departemen Pertahanan AS tentang rencana pemerintah.

Tetapi AS sesumbar bahwa mereka, bagaimanapun akan terus “memberikan” bantuan ke Mesir untuk “kontra-terorisme”, keamanan perbatasan, keamanan Sinai.

Amerika Serikat telah memberikan miliaran bantuan ke Kairo sejak tahun 1979 dalam perjanjian damai Camp David yang menjamin “perdamaian” antara Mesir dan “Israel”.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...