Berita Dunia Islam Terdepan

Muslim Myanmar kembali menghadapi pembantaian teroris Rakhine di Thandwe

7

THANDWE (Arrahmah.com) – Teroris Buddhis Rakhine dengan didukung oleh Pasukan Keamanan (Hlun Htein) dan Militer Myanmar terus menyerang Kaum Muslimin Kaman dan properti mereka di wilayah Thandwe sejak pukul 11:00 pagi hingga pukul 09:30 malam pada Selasa (1/10/2013), lansir RVision.

Pasukan keamanan Myanmar menembaki Kaum Muslimin dan menyita pisau dan pedang yang mereka miliki untuk pertahanan mereka. Bukan hanya itu, pasukan keamanan juga membiarkan teroris biadab Rakhine membantai Kaum Muslimin di sana.

Saat ini, situasi di perkampungan Muslim tersebut dilaporkan sudah sedikit lebih tenang dan warga Muslim tidak diperbolehkan untuk bepergian. Akan tetapi ketakutan masih terus menyelimuti mereka. Tidak sedikit pula yang berusaha menyelamatkan diri dengan mengungsi ke hutan-hutan, di mana tidak ada makanan dan tempat berteduh.

Pemerintah Myanmar telah menyiapkan sejumlah pasukan militer untuk mengendalikan situasi di sana. Namun, pasukan keamanan tersebut malah baru diturunkan setelah membiarkan teroris brutal Rakhine melakukan kebiadaban yang mereka inginkan.

Serangan yang dilakukan teroris Buddhis Rakhine membuat komunitas Muslim Kaman di Thandwe menjadi sangat menderita. Banyak yang telah kehilangan keluarga dan properti mereka. Berikut ini merupakan beberapa kebiadaban teroris Rakhine dan penderitaan yang dihadapi oleh Umat Islam Kaman pada Selasa (1/10).

1 ) Di desa Thabbru Chaing, 42 rumah warga Muslim dibakar, satu masjid yang telah berdiri selama 150 tahun bersama dengan Madrasahnya dihancurkan. Selain itu, enam orang ditemukan terbunuh (lima laki-laki dan satu perempuan), sementara 19 orang lainnya hilang. Mereka yang hilang juga diyakini telah terbunuh dan jenazah mereka telah hancur. Sementara jenazah-jenazah Muslim yang sudah jelas terbunuh ditemukan dalam keadaan penuh luka akibat pedang dan peluru.

Sementara itu, menurut Myanmar Muslim Media (MMM), keenam Muslim yang dibunuh tersebut adalah:
1) Daw Khin Kyi (wanita berusia 96 tahun)
2) U Abdu Meah (pria berusia 60 tahun)
3) U Abdu Samad (pria berusia 86 tahun)
4
) Ko Khin Zaw (pria berusia 50 tahun)
5) Ko Myin Lwin (pria 45 tahun), dan
6) U Yusuf (pria)

Para teroris Rakhine yang memulai serangan terhadap Kaum Muslimin di desa Thabbru Chaing itu berasal dari desa tetangga, Sing Gaung. Selain itu, warga Buddhis lokal Rakhine juga ikut bergabung dengan para teroris biadab dari Sing Gaung tersebut. Sebagian besar warga Buddhis Rakhine di desa Sing Gaung berasal dari Bangladesh dan telah menetap di wilayah itu sejak dua-tiga dekade lalu.

2) Di desa Mae Chun wilayah Aung Mingalar Gun, para teroris Rakhine membakar 10 rumah milik Kaum Muslimin Kaman.

Para pemilik rumah tersebut adalah:
1) Daw wazi (wanita),
2) Daw Khin Htin (wanita),
3) U Myint Wai (pria , administrator desa),
4) U Khin Aung (pria),
5) U Nga Ni Ye (pria),
6
) U Ibrahim (pria),
7) U Aung San Min (pria),
8) U Htin Nyunt (pria),
9) U Win Tun (pria), dan
10) U Thein Lwin (pria).

Selain itu, MMM juga melaporkan bahwa seorang Muslim yang dikenal sebagai U Maagy juga dibunuh oleh teroris Rakhine di desa itu. Pihak berwenang bahkan tidak mengizinkan anggota keluarganya untuk mengambil jenazahnya untuk dimakamkan. Jenazahnya dibiarkan tergeletak di tempat di mana dia dibunuh.

Di desa Pauktaw, teroris Rakhine membakar 32 rumah dan menghancurkan sejumlah toko milik warga Muslim. Seorang pria dan seorang wanita dilaporkan terbunuh. Selain itu, teroris biadab Rakhine juga menjarah banyak rumah Muslim di desa tersebut.

Sementara itu, sekitar 4-6 rumah di desa Shwe Hlay dan Hlin Thi juga dibakar atau dihancurkan.

Sebelumnya, pada Senin (30/9), teroris Rakhine juga membakar sejumlah properti warga Muslim berikut:

1) Sekitar pukul 7 malam, rumah U Htun Htin (seorang Muslim Kaman) Bawdi Gun Si barat.

2) Sekitar pukul 7 malam, sebuah peternakan ayam milik U Khin Maung Tun (seorang Muslim Kaman) di  Ka-Gyi  di Dwara Waddy Kuat Thit wilayah Ann-Taw.

3) Sekitar pukul 8:30 malam, toko bahan bakar (bensin, solar, dll) di ‘ Dwara Waddy Kuat Thit milik U Ko Gyi Maung (seorang Muslim Kaman).

4) Sekitar pukul 9 malam, rumah Ko Abdullah (seorang Muslim Kaman) di quarter 5.

Berikut adalah beberapa gambar Kaum Muslimin dari Thabbru Chaing yang dibunuh secara brutal oleh teroris Rakhine:

MM1Daw Khin Kyi (96)

MM2U Abdu Meah (60)

MM3U Abdu Samad (86)

MM4Ko Myin Lwin (45)

MM5Ko Khin Zaw (50)

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...