KAIRO (Arrahmah.com) – Untuk kedua kalinya Dewan Universitas Al-Azhar Mesir kembali mengumumkan penundaan dimulainya tahun ajaran baru sampai pasca liburan Idul Adha 1434 H. Penundaan ini dilakukan dalam suasana kekhawatiran akibat semakin maraknya demonstrasi mahasiswa menentang kudeta militer, laporan Islammemo.

Dalam pengumuman resmi pada Rabu (2/10/2013) Dewan Universitas Al-Azhar Mesir menyatakan, “Dewan memutuskan penundaan untuk menjaga rehat mahasiswa dan memudahkan mereka, khususnya para mahasiswa dari provinsi-provinsi yang jauh. Hal ini mengingat dekatnya masa liburan dan berdasar permintaan para dekan yang menyatakan belum selesainya proses pembangunan dan perawatan pada fakultas mereka. Selain itu [penundaan ini] karena belum tuntasnya proses perawatan terakhir asrama-asrama universitas di Kairo dan wilayah-wilayah lain”, seperti dikutip olhe harian Al-Misriyoon.

Penundaan tahun ajaran baru ini merupakan kali yang kedua dilakukan oleh Universitas Al-Azhar Mesir. Para pengamat mengaitkan penundaan tahun ajaran baru ini dengan kekhawatiran atas semakin maraknya demonstrasi mahasiswa Al-Azhar menentang penangkapan terhadap para mahasiswa. Lebih dari 150 mahasiswa Al-Azhar ditangkap saat aparat keamanan membubarkan massa demonstran anti kudeta militer di Rabiah Square dan Nahdah Square pada 14 Agustus lalu. (muhibalmajdi/arrahmah.com)

Topik: , , ,