ARAKAN (Arrahmah.com) – Para ekstremis Buddhis Rakhine terus melakukan penyerangan terhadap Muslim Rohingya di Thandwe, negara bagian Arakan (Rakhine), Burma, sejak Sabtu pekan lalu dan telah melakukan aksi pembakaran pada Ahad (29/9/2013) hingga Senin (30/9) malam.

RB News melaporkan bahwa segerombolan orang Rakhine membakar rumah U Hla Mya Mint pada Ahad malam di perempatan Thandwe. Mereka juga membakar U Ko Gyi Maung pada malam itu. 

RB News lebih lanjut melaporkan, gerombolan ekstremis itu menyebarkan berita bahwa mereka akan menyerang kembali pada Senin malam. Lebih dari itu, mereka juga membakar sebuah gubuk yang terletak di kebun jambu mete di perempatan Bawdi Gone milik seorang Muslim, kemudian mereka juga membakar sebuah gubuk di desa Linn Thi.

Terdapat juga beberapa laporan yang mengatakan bahwa gerombolan Rakhine itu juga telah mencoba menyerang masjid-masjid selama serangan dua hari lalu, dan salah satu masjid di desa Kyauk Gyi berhasil dibakar.

Meskipun pemerintah Myanmar mengetahui serangan-serangan semacam ini, tetapi tidak bisa berbuat apa-apa. Pemerintah memang telah menerapkan jam malam selama beberapa bulan lalu, tetapi warga Buddhis Rakhine bebas ke luar meskipun di jam-jam malam dan aparat keamanan tidak melakukan tindakan apapun terhadap pelanggaran mereka. (siraaj/arrahmah.com)

Topik: , , , ,