Berita Dunia Islam Terdepan

GEMMA UNS, percontohan untuk kampus lain

3

SOLO (Arrahmah.com) – Gerakan Mahasiswa Menghafal Al-Qur’an Universitas Sebelas Maret (GEMMA UNS) adalah organisasi intra kampus, sebagai wadah para mahasiswa untuk mendalami Al Quran lewat belajar tahsin (membaguskan bacaan) dan tahfidz (menghafal) Al Quran.

Humas GEMMA UNS Windra Reza Putra menyebut, meski berdirinya GEMMA bulan Maret 2012, namun peluncurannya pada bulan Oktober 2012 oleh ustadz Yusuf Mansur. Artinya umur organisasi ini belum lagi genap satu tahun.

GEMMA begitu didukung oleh rektor UNS, “Rektor sangat mendukung,” kata Windra. Dia juga mengungkapkan bahwa rektor memberi tugas kepada GEMMA untuk membuat semacam database hafidz Quran di UNS.  

“Baru tahun ini GEMMA berhasil mendata 14 orang hafidz Quran 30 juz di UNS yang tersebar di beberapa jurusan,” ujarnya kepada arrahmah.com melalui telepon Selasa (17/9/2013).

Pekan lalu GEMMA UNS menggelar acara talkshow dan silaturrahim akbar antar para penghafal Qur’an di lingkungan kampus UNS di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda UNS, Ahad, (8/9/2013)

Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S., dalam sambutan silaturahim itu menyampaikan harapan semoga GEMMA menjadi salah satu program unggulan UNS, agar perguruan tinggi tidak hanya menfasilitasi mahasiswa dari sisi akademik saja, tapi juga untuk menghafal al qur’an. Beliau sudah pernah menyampaikan ini kepada Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, dan akan diterapkan dulu di UNS, apabila sudah terbentuk konsepnya, maka dapat ditiru dan diadakan juga di perguruan tinggi lain.

Dia juga mengapresiasi para penghafal Al Quran yang inginn kuliah di UNS lewat jalur undangan. Dia menyampaikan bahwa pada jalur masuk penerimaan mahasiswa baru UNS, baik lewat SBMPTN atau yang lain, akan diberikan bobot lebih tinggi pada calon mahasiswa yang menyertakan surat keterangan hafal al qur’an, minimal 15 juz.

Saat acara itu hadir 160 peserta putra putri mahasiswa UNS, 4 pembicara hafidz Qur’an, diantaranya Ust. Umar Faruq Abu Bakar, Lc. Al Hafizh (Mahad Ibnu Abbas, Klaten), Ust. Asep Maulana Al Hafizh (PPQ Al Mahir, Solo), lulusan Teknik Sipil UNS angkatan 2009, Muflih Arisa Adnan, S.T. Al Hafizh dan Mahasiswa D3 Teknik Kimia 2013, Jundullah Al Faruqi. Turut hadir para pejabat kampus UNS, Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S., Bapak Pembantu Rektor I (PR I), Prof. Drs. Sutarno, M.Sc. Ph.D., Ketua Takmir Masjid Nurul Huda UNS, Dr. Eng. Ir. Syafi’i, M.T., dan para dosen PAI UNS .

(azmuttaqin/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...