Berita Dunia Islam Terdepan

Mujahidin rebut kota di utara Suriah, Allahu Akbar!

4

MAALULA (Arrahmah.com) – Mujahidin Suriah telah berhasil menguasai kota di utara Damaskus, Maalula yang merupakan kota Kristen bersejarah, ujar laporan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) pada Ahad (8/9/2013).

“Semalam, pasukan rezim Suriah pindak ke desa, namun pasukan ‘pemberontak’ megirim bala bantuan dan mampu menguasai seluruh kota,” ujar Direktur SOHR kepada AFP.

Seorang penduduk kota yang dihubungi melalui telepon, juga menegaskan bahwa pasukan rezim telah ditarik dari daerah dan pejuang Suriah yang kini mengendalikan kota Maalula.

Berbicara dalam kondisi anonim, ia mengatakan situasi di lapangan kini relatif tenang.

“Para pemberontak berada di dalam Maalula, seluruh Maalula.  Pasukan pemerintah telah menarik diri dari Maalula,” ujar warga.

Abdel Rahman, Direktur SOHR, mengatakan : “Pertempuran sengit pecah antara pasukan rezim dan pejuang oposisi semalam dan para tentara mundur ke pinggiran kota.”

Mujahidin dari kelompok Jabhah an-Nushrah telah memasuki kota, menurut laporannya.

Sedikitnya 17 Mujahid Syahid (In syaa Allah) dan lebih dari 100 terluka dalam pertempuran memperebutkan kota tersebut, menurut laporan SOHR.  Menambahkan bahwa pasukan rezim dan anggota milisi bayaran pro-rezim juga banyak yang tewas dan terluka namun SOHR tidak bisa memberikan angka.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...