Berita Dunia Islam Terdepan

Rencana serangan AS terhadap Suriah

3

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Para pejabat senior pemerintah AS mengatakan kepada The Associated Press bahwa Obama telah merencanakan untuk mengambil tindakan militer terhadap Suriah tanpa otorisasi kongres, tetapi kemudian mengatakan kepada para ajudannya pada Jumat (30/8/2013) malam bahwa dia berubah pikiran.

Pada Sabtu (31/8) Obama mengatakan dia telah memutuskan bahwa AS harus tetap mengambil tindakan militer terhadap Suriah dalam menanggapi penggunaan senjata kimia, tetapi sebelumnya dia akan mengupayakan otorisasi kongres untuk tindakan yang akan mereka tempuh besok, atau minggu depan atau satu bulan dari sekarang.

Kekuatan perang yang mungkin digunakan AS  dalam serangan terhadap Suriah:

  • Empat kapal penghancur AS USS Gravely, USS Ramage, USS Barry dan USS Mahan di Mediterania timur, yang dilengkapi dengan rudal jelajah. Rudal ini juga dapat ditembakkan dari kapal selam, tetapi Angkatan Laut AS tidak mengungkapkan di mana lokasi ditempatkannya.
  • Pangkalan udara di Incirlik dan Izmir di Turki, dan di Yordania, dapat juga mereka gunakan untuk melakukan serangan.
  • Dua kapal induk USS Nimitz dan USS Harry S Truman berada di kawasan yang lebih luas.
  • Kapal induk Perancis Charles de Gaulle di Toulon di Mediterania Barat
  • Rafale Prancis dan pesawat Mirage juga kemungkinan akan mereka operasikan dari pangkalan udara AlDhahra di Uni Emirat Arab.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...