Mansur Suryanegara pertanyakan seabad perjuangan Indonesia bersyariah

9

BOGOR (Arrahmah.com) – Sejarahwan Muslim Prof. Ahmad Mansur Suryanegara dalam makalahnya mempertanyakan tema besar Kongres Mujahidin IV di Sentul Bogor Jumat (23/8/2013).

Dalam sesi diskusi panel I “Refleksi Sejarah: Seabad Perjuangan Indonesia Bersyariah”, Ahmad Mansur membuat makalah berjudul, “Benarkah baru seabad perjuangan Indonesia bersyariah?”

Guru besar Unpad ini menulis dalam makalahnya, waktu masuknya ajaran Islam. melalui niaga,terjadi pada abad ke-7M, atau abad ke 1 H. Hal ini dibenarkan oleh Seminar Sedjarah Masuknya Agama Islam ke Indonesia di Medan, 1963.

Ahmad Mansur mempertanyakan beberapa hal. Apakah Syariah itu hanya sebatas pengertian politik? Atau pengertian Syariah hanya sebatas adanya bank syariah? Apakah pada saat agama Islam mulai diwahyukan kepada Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam di Gua Hira Jabal Nur, tidak dinilai sebagai Islam sebagai agama yang bersyariah atau belum bersyariah? Dan dinilai Islam bersyariah setelah adanya hijrah ke Madinah? Apakah berniaga secara islami, tidak dinilai sebagai bersyariah  dalam amal ekonomi?

Prof Mansur berkesimpulan bahwa bila syariah meliputi penataan wife of life termasuk berbudaya, berekonomi dan  berkeluarga maka diberlakukan syariah Islam di Nusantara Indonesia tentunya sejak abad ke-7 M

(azmuttaqin/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.