Nigeria mengklaim pemimpin Boko Haram telah terbunuh

11

ABUJA (Arrahmah.com) – Militer Nigeria mengklaim bahwa mereka yakin pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau, mungkin telah tertembak dalam bentrokan dengan tentara Nigeria.

“Ini sangat diyakini bahwa Shekau mungkin telah tewas antara 25 Juli dan 3 Agustus 2013,” ujar statemen yang dirilis pada Senin (19/8/2013), lansir Al Jazeera.

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa Shekau ditembak pada 30 Juni dalam bentrokan dengan pasukan Nigeria di kamp Boko Haram di hutan Sambisa, timur laut Nigeria.  Tentara mengklaim Shekau kemudian secara diam-diam dibawa ke Kamerun untuk pengobatan, namun kemudian meninggal dunia.

Dalam statemen itu, Shekau digambarkan sebagai orang yang paling ditakuti dan dicara. Amerika serikat baru-baru ini menawarkan hadiah sebesar 7 juta USD untuk informasi yang mengarah kepada penangkapannya.

Reporter Al Jazeera yang melaporkan dari Abuja mengatakan bahwa beberapa pengamat meragukan klaim militer.

“Militer tidak memberikan bukti video atau foto untuk klaim mereka,” ujar reporter Al Jazeera yang menambahkan bahwa sangat sulit mengonfirmasi laporan karena wartawan sangat dibatasa di daerah di mana Boko Haram beroperasi.

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak Boko Haram untuk membenarkan atau menyangkal klaim militer teroris Nigeria.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.