Innalillah, jelang idul fitri, pemimpin muslim di Pattani tewas ditembak

10

PATTANI (Arrahmah.com) – Seorang pemimpin Muslim yang dipandang sebagai tokoh utama dalam upaya untuk mengakhiri  bentrokan berdarah di selatan Thailand tewas ditembak. Insiden ini meningkatkan kekhawatiran tentang masa depan pembicaraan damai pemerintah Thailand dengan warga Muslim selatan negara itu.

Imam Yacob Raimanee dari Pattani Central Mosque – rumah ibadah utama umat Islam di salah satu dari beberapa provinsi selatan yang dilanda kekerasan – ditembak mati pada Senin sore kemarin (5/8/2013) di kota Pattani, pihak kepolisian mengatakan.

Pembunuhan itu terjadi meski sudah kesepakatan antara Thailand dan pejuang Muslim dari daerah tersebut untuk mencoba menghindari pertumpahan darah selama bulan suci Ramadhan, yang berakhir pekan ini.

Pertempuran di wilayah yang didominasi Muslim di selatan Thailand dilaporkan telah menewaskan lebih dari 5.700 jiwa sejak tahun 2004.

Provinsi-provinsi selatan Thailand yaitu Pattani, Yala dan Narathiwat dulunya bagian dari kesultanan mandiri Melayu sampai dijajah oleh Thailand Buddha pada tahun 1909. Sekitar 80 persen penduduk wilayah itu adalah Muslim berbahasa Melayu.

 (islampos/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.